Rakernis Fungsi Reskrim Ditreskrimum Polda Papua dan Jajaran Tahun 2022

46

Jayapura – Bertempat di Aula Rastra Samara Polda Papua telah berlangsung kegiatan Rakernis Funsi Reskrim Ditreskrimum Polda Papua dan Jajaran Tahun 2022 dengan tema Analisa dan Evaluasi T.A 2021 Dan Perencanaan Penanganan Perkara, Penyelidikan Dan Penyidikan T.A. 2022 di Wilayah Hukum Polda Papua, Kamis (13/01).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Dir Reskrimum Polda Papua, Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos, S.I.K, M.H, Kasat Reskrim Jajaran Polda Papua dan Personil Ditreskrimum Polda Papua.

Dalam kesempatan tersebut Dir Reskrimum Polda Papua, Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos, S.I.K, M.H mengatakan bahwa Reskrim menjadi satu diantara tumpuan Polri, karena terjadinya pengungkapan penegakan hukum yaitu reskrim, terkait kasus-kasus menonjol dan besar dan menjadi perhatian publik. Tingkat penyelesaian perkara di Polda Papua dan jajaran masih harus ditingkatkan, maka dari itu kewajiban dan tantangan penyidik dan penyidik pembantu harus dijawab.

“Polri selalu mendapat sorotan dari berbagai tantangan penyidik di era saat ini, penyidikan profesional, proporsional dan transparan. Meningkatkan dengan kinerja yang pihak dan masyarakat saat ini tengah berada pada situasi sulit setelah dua tahun terlilit pandemi covid-19. karena itu, penyidik harus betul-betul menguasai permasalahan. Jangan sampai nanti proses penyidikan yang cacat melahirkan komplain dari masyarakat,” ucap Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani.

Dari permulaan yang cukup, Penegakan hukum serta KUHAP tentang alat bukti yang sah dan penyidik harus tetap berpegang pada pasal 184 dilakukan melukai rasa keadilan masyarakat sampai proses jangan penyidikan yang adalah upaya terakhir yang dilakukan polri upayakan restorative justice dalam setiap penyelesaian masalah, pedomani perkap nomor 8 tahun 2021 tentang penanganan tindak pidana berdasarkan keadilan restorative.

Disisi lain kita banyak menghadapi permasalahan yang menimbulkan ketidakpuasan masyarakat. Peran dari fungsi pengawasan terhadap pengaduan masyarakat dalam hal ini diemban oleh fungsi itwasda dan Bidpropam terkait kinerja anggota khususnya penyidik dan penyidik pembantu.

Dir Reskrimum Polda Papua Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos, S.I.K, M.H menambahkan  bahwa jadikan kegiatan rakernis ini sebagai sarana pemahaman motifasi untuk meningkatkan terhadap integritas dan tanggung jawab sebagai penyidik maupun penyidik pembantu dalam melaksanakan giat penegakan hukum.

“Jadikan kegiatan rakernis ini sebagai suatu kesempatan yang sangat baik untuk mengevaluasi kinerja penegakan hukum dalam hal ini polda papua dan jajaran kewilayahan yang telah saudara lakukan selama ini. Demikian amanat saya dan mari kita songsong tugas ke depan dengan satu keyakinan dan optimisme serta sikap positif tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas kesanggupannya dalam pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan selama ini,” tutup Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani.

Leave A Reply

Your email address will not be published.