HomePOLDAPolda Papua Siapkan 11 Masyarakat Untuk Ikuti Pelatihan Ternak di Karanganyar Selama...

Polda Papua Siapkan 11 Masyarakat Untuk Ikuti Pelatihan Ternak di Karanganyar Selama 1 Bulan

Jayapura – Polda Papua telah menyiapkan sekitar 11 orang masyarakat asal Kabupaten Waropen, Paniai dan Keerom untuk mengikuti pelatihan ternak di Karanganyar, Jawa Tengah selama 1 bulan.

Dari 11 orang itu terdiri dari, 4 dari Kabupaten Waropen, 3 dari Kabupaten Paniai dan 4 dari Kabupaten Keerom.

Sebelum diberangkatkan, Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.IK lebih dulu memberikan arahan kepada para petani diaula Rupatama Mapolda Papua, Selasa (18/1/2022).

Kapolda Papua kepada wartawan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program Binmas Noken untuk masyarakat Papua dalam hal pelatihan ternak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

“Ini juga termasuk bagian yang tak terpisah dari konsep kegiatan kepolisian yang akan digelar yaitu, Sandi operasi damai Cartens tahun 2022 ,” katanya.

Dari itulah, Kapolda menyebutkan, kami menyiapkan masyarakat yang akan membangun komunitasnya baik dari sisi pertanian, perikanan dan perkebunan guna mengembangkan konsep tersebut. Terwujudnya ini atas kerjasama dengan Mabes Polri, dengan saran Kapolri yang diinisiasi oleh, Kepala Korps Pembinaan Masyarakat,(Kakorbinmas) Badan Pemeliharaan Keamanan,(Baharkam) Polri.

“Ini sangat positif bagi Polda Papua untuk menyiapkan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan yang bersifat membangun perekonomiannya, guna meningkatkan kesejahteraan di Kampung- kampung yang menjadi sentuhan daripada Polri,” sebut Kapolda.

Setelah selesai pelatihan, Lanjut Kapolda mereka akan kembali dimasing-masing wilayah yakni, Waropen, Paniai dan Keerom.

“Tentunya mereka akan mengembangkan sendiri hal-hal apa didaerah masing-masing, contohnya, kalau di Waropen apa akan dikembangkan. Bila peternakan kita akan dukung dengan bibit dan lain-lain termasuk pendampingan,” ucapnya.

Kapolda menambahkan, daerah yang mengikuti pelatihan ternak itu, kedepan juga akan dijadikan pusat pelatihan bagi semua masyarakat. Makanya, dari mereka kita berangkatkan dulu untuk mengikuti pelatihan di Karanganyar sementara untuk daerah lain menyusul.

“Kita akan bangun spot-spot ditempat lain, namun dari sinilah akan menjalankan semua kegiatan yang kita siapkan dalam konsep kegiatan rastra kasih cartens dengan berkolaborasi dengan binmas Noken yang selama ini melekat dengan operasi Nemangkawi,” tambahnya.

Makanya, diharapkan melalui kegiatan ini akan menumbuhkan perekonomian, peternakan bagi petani-petani yang tentunya, Polri akan mendorong stakeholder lain untuk membeli hasil mereka sehingga ada nilai manfaat dari yang diterima dan pada akhirnya menumbuhkan kesejahteraan di Kampung tersebut,” harap Kapolda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments