HomePOLDAWakapolda Papua Hadiri Kegiatan Monev Aplikasi Sakti & Penyusunan Laporan Keuangan Polda...

Wakapolda Papua Hadiri Kegiatan Monev Aplikasi Sakti & Penyusunan Laporan Keuangan Polda Papua TA 2021                              

Jayapura – bertempat di Ballroom Hotel Aston Jayapura, telah dilaksanakan Monev Aplikasi Sakti & Penyusunan Laporan Keuangan Polda Papua T.A. 2021 yang dihadiri  oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K., M.Si. Serta melibatkan Satker Jajaran Polda Papua, Selasa (18/01/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut PJU Polda Papua, seluruh Bensat Satker dan jajaran Polda Papua serta Operator Saiba.

Pada kesempatannya Kabid Keu Polda Papua Kombes Pol Drs. Widianto Wahyu mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan mengusut tema “melalui monitoring dan evaluasi aplikasi sakti serta penyusunan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel kita pertahankan opini WTP dan kita dukung transformasi Polri yang Presisi ” .

Adapun materi yang ingin disampaikan dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu Monev penggunaan aplikasi sakti dalam pelaksanaan anggaran, evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2021, Evaluasi pelaksanaan pertanggung jawaban keuangan tahun 2022, evaluasi optimalisasi pelayanan BRI dan evaluasi tentang hak-hak anggota.

Pada kesempatan yang sama Wakapolda Papua mengatakan saya selaku pimpinan Polda Papua mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada segenap jajaran bidang keuangan Polda Papua atas dedikasi serta loyalitas kerjanya sehingga semua kegiatan pelayanan kepolisian dibidang keuangan dapat berjalan maksimal.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa keberadaan dan peranan fungsi keuangan pada institusi kepolisian sangat strategis, karena merupakan salah satu indikator penting terhadap penilaian kinerja kepolisian secara keseluruhan,” ujarnya.

Ia menambahkan, Itwasda Polda Papua sebagai pengawas internal, masih menemukan permasalahan-permasalahan yang menjadi kendala dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan yang wajar dan akuntabel.

Oleh karena itu kendala-kendala dan permasalahan- permasalahan yang ada harus dijadikan bahan evaluasi untuk dicarikan solusinya sehingga pada tahun anggaran 2022 dan tahun-tahun selanjutnya tidak terjadi temuan berulang dan laporan keuangan Polda Papua selalu ”TEPAT” (Tertib, Efektif, Efisiensi, Partisipatif, Akuntabel dan Transparan) guna mendukung terwujudnya transformasi Polri yang Presisi.

“Kementerian keuangan mulai tahun anggaran 2022 memberlakukan sarana Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) dalam mendukung implementasi SPAN (Sistem Pelaksanaan Anggaran Negara), untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan penganggaran, pelaksanaan sampai dengan Pertanggung jawaban” jelasnya.

Selain itu, aplikasi SAKTI juga menerapkan konsep Single databese yang digunakan oleh entitas akuntansi dan entitas pelaporan kementerian negara/lembaga yang memenuhi keamanan data Satker yang meliputi kerahasiaan data, integritas data dan keaslian data, sehingga sangat diharapkan para pejabat keuangan satker mempedomani modul-modul pada aplikasi sakti guna kelancaran pengelolaan dan pelaksanaan anggaran.

Usai memberikan sambutan, Wakapolda Papua secara resmi membuka kegiatan Monev Aplikasi Sakti & Penyusunan Laporan Keuangan Polda Papua TA 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments