Rakernis Fungsi Binmas Dengan Tema Revitalisasi Tugas Preventif Guna Mewujudkan Harkamtibmas di Masa Pandemi Covid-19

31

Jayapura – Rakernis Fungsi Binmas dengan Tema Revitalisasi Tugas Preventif Guna Mewujudkan Harkamtibmas di Masa Pandemi Covid 19 yang bertempat di Hotel FOX Kota Jayapura, Kamis (24/02).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Karo SDM Polda Papua Kombes Pol Nanang Djunaedi, S.I.K., M.M, Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol Gatot Aris Purbaya, S.I.K dan Pejabat Utama Polda Papua.

Karo SDM Polda Papua Kombes Pol Nanang Djunaedi, S.I.K dalam arahannya mengatakan marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan YME, karena atas berkah dan karunianya pada hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan untuk hadir di tempat ini guna mengikuti acara Rakernis Ditbinmas Polda Papua T.A. 2022 Dengan Tema “Revitalisasi Tugas Preventif Guna Mewujudkan Harkamtibmas Dimasa Pandemi Covid-19”.

“Kegiatan ini sebagai sarana instrospeksi dan evaluasi kinerja fungsi Binmas Polda Papua dan jajaran, sehingga terwujud kesamaan persepsi antara pengemban fungsi binmas, guna meningkatkan kemitraan dan mengembangkan peran serta masyarakat dalam pemeliharaan kamtibmas yang kondusif,” ucap Karo SDM.

Dirinya menambahkan, Polri diberikan kewajiban untuk membantu dan mendukung pemerintah dalam penanganan virus covid-19. Dalam situasi pandemi saat ini, Binmas Polri memanfaatkan fungsi bhabinkamtibmas untuk mengajak, mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi nasional serta perkembangan situasi kamtibmas yang saat ini sedang terjadi.

“Oleh Sebab itu Polri dituntut untuk melakukan berbagai terobosan kreatif dalam menangani berbagai potensi terjadinya gangguan kamtibmas, dengan mengedepankan upaya penangkalan dan pencegahan,” ucap Karo SDM.

Saya harap Kasat Binmas dan jajarannya dapat cepat menyesuaikan dengan perkembangan yang ada. Tingkatkan deteksi dini dalam menampung berbagai informasi dan permasalahan sosial masyarakat serta lakukan pemetaan terhadap berbagai kerawanan kamtibmas, dalam mencegah penyebaran covid-19.

“Tingkatkan sinergitas dan soliditas yang baik dengan segenap unsur tni/babinsa, pemda/kades/lurah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, kelompok komunitas, kelompok profesi, serta seluruh komponen masyarakat agar berpartisipasi dalam mendukung tugas kepolisian,” jelas Karo SDM.

Dalam arahannya Karo SDM Polda Papua mengatakan penyelenggaraan G20 di Indonesia menuntut kesiapan dan kesigapan pada aspek keamanan, yang merupakan salah satu menjadi agenda penting. Presiden menegaskan agar stabilitas keamaman dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), salah satunya agar masalah keamanan di Papua tetap kondusif.

“Menyikapi agenda tersebut, Polda Papua menggelar 2 (dua) operasi khusus kepolisian yaitu Damai Cartenz 2022 (25 januari 2022 s/d 25 juni 2022) dan Rastra Samara Kasih (disingkat: rasaka) Cartenz 2022 yang akan mulai beroperasi di awal maret 2022 hingga akhir tahun 2022,” pungkas Kombes Pol. Nanang Djunaedi, S.I.K.

Pada kesempatan tersebut Dir Binmas Polda Papua mengatakan Kepada para kasat Binmas dan Operator Bhabinkamtibmas saya ucapkan terimakasih dan apresiasi atas kerja keras rekan rekan sekalian dan saya yakin bahwa rekan-rekan bisa dan mampu untuk melaksanakan dengan baik. Dalam melaksanakan tugas memang kendala dan tantangan itu selalu ada maka dari itu dalam kesempatan ini rekan rekan bisa menyampaikan dan melaporkan apa saja yang sekiranya perlu untuk di laporkan dan kami akan sampaikam ke pimpinan yang lebih tinggi secara berjenjang agar mendapatkan solusi.

“Mengenai kegiatan para Bhabin di lapangan saya harap kepada semua untuk tetap semangat, saya tau kondisi rekan rekan di lapangan tidak semudah apa yang kita bayangkan terlebih kepada personil yang berada di daerah pegunungan dengan kondisi dan situasi yang penuh dengan tantangan,” jelas Dir Binmas Polda Papua.

Lanjut Dir Binmas Polda Papua, untuk Konsep Operasi Rasaka Cartenz mengenai Program Program yang ada silahkan rekan rekan lihat di daerah tempat rekan rekan bertugas apa yang paling cocok untuk di kembangkan potensi inilah yang harus kita angkat sehingga nantinya bisa bermamfaat dengan baik untuk masyarakat kita.

“Potensi di daerah masing-masing rekan-rekanlah yang tau persis, oleh karna itu saya harap rekan-rekan bisa betul memanfaatkan dan mampu melihat dengan jeli peluang yang ada sehingga bisa di kembangkan,” tutup Dir Binmas Polda Papua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.