HomePOLDADit LantasPolisi Gelar Operasi Keselamatan Cartenz 2022, Ini 7 Pelanggaran Prioritas yang akan...

Polisi Gelar Operasi Keselamatan Cartenz 2022, Ini 7 Pelanggaran Prioritas yang akan ditindak

Jayapura – Direktorat Lalu Lintas Polda Papua menggelar operasi keselamatan bagi para pengguna jalan. Operasi bersandikan ‘Operasi Keselamatan Cartenz 2022’ ini digelar mulai hari ini, Selasa (1/3) hingga 14 Maret 2022.

“Operasi keselamatan ini untuk mencipta kondisi Kamseltibcar Lantas menjelang hari raya idul fitri selama 14 hari yang dimulai hari ini hingga tanggal 14 Maret mendatang,” ujar Dirlantas Polda Papua usai apel gelar pasukan di Mapolda Papua, Selasa (1/3).

Selain untuk menciptakan kondisi Kamseltibcar Lantas yang aman, operasi ini bertujuan untuk menekan masalah Covid-19 agar angka penyebarannya menurun. “Operasi ini akan melibatkan ratusan personel dari Polda dan Polres jajaran,” kata Dirlantas Polda Papua Kombes M. Nasihin.

Ada tujuh sasaran khusus yang menjadi prioritas selama operasi tersebut antara lain, menggunakan handphone saat berkendara, berbonceng lebih dari satu orang, berkendara dalam pengaruh alkohol.

Selain itu, pengendara yang masih di bawah umur, pengendara yang tidak menggunakan helm SNI, pengendara yang melawan arus hingga pengemudi yang tidak menggunakan safety belt juga akan ditindak.

“Untuk langkah-langkah yang kita gunakan adalah dengan cara preemtif, preventif dan di dukung dengan penegakkan hukum,” kata Dirlantas Polda Papua.

Dirinya juga menghimbau kepada pengemudi kendaraan bermotor untuk membawa seluruh kelangkapan surat kendaraan bermotor serta menggunakan perlengkapan keamanan standar.

“Jadi di harapkan setelah pelaksanaan operasi ini kelakuan pengendara di jalan menjadi lebih tertib lalu lintas dengan mematuhi rambu lalu lintas,” tutup Dirlantas Polda Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments