HomeBerita TerbaruTradisi Pencucian Pataka Dipimpin Langsung Wakapolda Papua

Tradisi Pencucian Pataka Dipimpin Langsung Wakapolda Papua

Jayapura – Kepolisian Daerah Papua menggelar Upacara Pencucian Pataka Rastra Samara, yakni mencuci panji-panji Korps Bhayangkara, upacara tersebut merupakan tradisi wajid sebelum peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara pada 1 Juli. Rabu (22/06/2022).

Di Tahun ini, Upacara Pencucian Pataka merupakan pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata digelar di Aula Rupatama Polda Papua, Rabu (22/6) dan dipimpin oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K., M.Si dihadiri Pejabat Utama Polda Papua dan purnawirawan.

“Upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata merupakan suatu tradisi wajib bagi anggota Polri. Sebab Pataka Rastra Samara mengandung makna bahwa anggota Polri di bawah Jajaran Polda Papua harus mengemban tugas yang amanah dengan sebaik-baiknya,” kata Kabid Humas Polda Papua.

Menurut Kabid Humas, pencucian pataka tersebut menjadi pedoman dan semangat untuk setiap insan Polri agar tetap memegang teguh kebenaran, melaksanakan tugas pokok melindungi mengayomi, melayani dan penegakan hukum.

“Pencucian pataka ini, juga mengingatkan kepada setiap anggota Polri bahwa tujuan bekerja untuk mengabdi kepada bangsa dan masyarakat, sehingga harus menjaga marwah Polri dengan baik, demi terwujudnya sosok Polri yang Presisi,” ucap Kabid Humas Polda Papua.

Kabid Humas menambahkan, selain menjalankan tradisi pencucian pataka, Polda Papua telah melakukan beberapa kegiatan sosial dan bakti religi antara lain, donor darah, pengobatan massal, operasi bibir sumbing, khitanan massal dan pembagian sembako serta pembersihan di rumah-rumah ibadah.

“Kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan maupun Bakti Religi masih terus dilakukan Polda Papua dan Jajaran. Ini berlangsung hingga puncak hari Bhayangkara pada 1 Juli 2022,” tutup Kabid Humas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments