HomeKapoldaKapolda Papua Hadiri Pelaksanaan Solat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban

Kapolda Papua Hadiri Pelaksanaan Solat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban

Jayapura – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K. hadiri pelaksanaan Solat Idul Adha dan penyembelihan Hewan Qurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1443 H / 2022 M yang bertempat di Masjid Al-Mu’minun Polda Papua, Minggu (10/07).

Turut hadir kegiatan tersebut Wakapolda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H., PJU Polda Papua Ka Ops Damai Cartenz-2022 Kombes Pol Muhammad Firman, S.I.K., Ketua Bhayangkari Daerah Papua dan pengurus.

Pada kesempatannya Kapolda Papua menyampaikan Hari Raya Idul Adha biasa disebut juga sebagai hari raya qurban, yang merupakan momentum penting dalam kehidupan beragama yang mengandung implikasi sosial.

“Dibalik momen khusus peristiwa qurban yang berakar dari tradisi Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail, tersimpan makna yang bernilai agung, terutama bagi kaum muslimin yang memiliki kekayaan dan pendapatan lebih, agar dapat menyumbangkan sebagian hartanya melalui bentuk hewan qurban, sebagai manifestasi untuk mendekatkan diri kepada tuhan yang maha esa dan sebagai bentuk nyata dari solidaritas sosial,” ucap Kapolda Papua.

Potret Kapolda Papua saat memberikan Ceramah di depan Jamaah

Lanjut Kapolda, Hari Raya Idul Adha bagi anggota Polri hendaknya dimaknai sebagai upaya positif anggota Polri untuk terus mendekatkan diri kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa dan pelayanan kepada masyarakat.

“Motivasi berqurban adalah menjadi semangat pembebasan dari belenggu harta dan materi, agar jangan sampai menguasai hati kita. Jadi spirit berqurban itu bukan untuk dihargai atau ingin dihormati oleh orang lain, tetapi lebih kepada ketaatan kita atas perintah Allah SWT,” tuturnya.

Oleh karena itu implementasi momen Hari Raya Idul Adha ini sepantasnya digunakan oleh anggota Polda Papua agar dapat lebih meningkatkan kinerja dan pengabdian dalam mewujudkan ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Penyembelihan hewan qurban di Mapolda Papua rutin dilaksanakan setiap tahun, dimana menjadi simbol dan wujud dari ketakwaan umat islam terhadap Allah SWT, selain itu dengan penyembelihan hewan qurban ini, menjadi cerminan Anggota Polri yang semestinya memiliki jiwa ikhlas dan rela berkorban untuk masyarakat,” ungkap Irjen Pol Fakhiri.

Saya harapkan agar dapat melaksanakan proses penyembelihan hewan qurban dengan baik dan pendistribusian daging qurban juga dapat sampai ke tangan masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Saya juga ucapkan terimakasih juga kepada anggota polri dan pns polda papua yang telah ikut berpartisipasi dalam menyisihkan sebagian hartanya untuk berqurban pada hari raya idul adha tahun ini. Semoga dengan semangat keikhlasan dalam berqurban ini, akan semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada allah swt tuhan yang maha esa serta keikhlasan kita dalam mengemban tugas-tugas kepolisian,” tandas Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Kapolda menambahkan adapun total Hewan Kurban yang terkumpul di Masjid Polda Papua sebanyak 20 ekor Sapi dan 1 ekor Kambing. Nantinya hewan-hewan ini akan didistribusikan kepada beberapa masjid diantaranya Masjid Polres Sentani, Masjid Brimob Polda Papua, Masjid As Salwa Waena, Masjid SPN Jayapura dan Masjid Raya Baiturrahman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments