HomePOLRESAsmatSatgas Penanggulangan KLB DBD Upaya Atasi DBD Yang Meningkat Di Asmat

Satgas Penanggulangan KLB DBD Upaya Atasi DBD Yang Meningkat Di Asmat

Asmat – Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi masalah dalam bidang kesehatan dan ancaman yang serius di wilayah Kabupaten Asmat, bukan hanya berdampak pada kesehatan di lingkungan Masyarakat, Penyakit yang berasal dari nyamuk Aedes Aegypti ini juga bisa berdampak pada perekonomian masyarakat.

Musim hujan di Asmat menyebabkan Kasus DBD meningkat pada Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Asmat dalam hal ini melalui Tim Satgas Penanggulangan KLB DBD Kabupaten Asmat yang di Pimpin oleh Kapolres Asmat AKBP Agus Hariadi S.Sos, M.M mencatat jumlah kumulatif kasus Demam Berdarah Dengue di Asmat hingga hari ini dilaporkan berjumlah 62 Kasus DBD dan 1 kasus meninggal dunia akibat DBD yang terbagi pada tiga (3) Distrik di Kabupaten Asmat.

“Sesuai janji saya kemarin, bahwa hari ini tim satgas langsung bergerak untuk melakukan pencehahan DBD, jadi hari ini Tim Satgas KLB DBD melakukan Pendataan ke rumah² warga, ada berapa tempat penampungan air mereka dalam rumah, setelah itu langsung kita lakukan Fogging (pengasapan),” Kata Kapolres Asmat saat dikonfirmasi, Selasa (19/07).

Lanjutnya, Karena keterbatasan alat yang ada pada Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat hanya ada tiga (3) alat, itupun kita pinjam satu (1) alat dari Kantor Kesehatan Pelabuhan jadi kita bagi tim menjadi tiga (3), tujuannya agar warga bisa cepat mendapat pencegahan lebih awal.

Mengingat DBD akan meningkat saat musim hujan seperti sekarang ini, maka Tim Satgas KLB DBD Kabupaten Asmat meminta agar masyarakat aktif melakukan 3M, dalam mengatasi penyebaran DBD, Tim Satgas Penanggulangan KLB DBD akan terus melakukan berbagai upaya pencegahan dan pengendalian DBD mengingat Asmat bagian dari daerah endemik.

Hasil pendataan hari ini, tim mencatat pada 12 titik terdapat 2.249 tempat penampungan air yang berada di rumah warga dengan jumlah 469 rumah dan Tim Satgas Penanggulangan KLB DBD Kabupaten Asmat akan terus melakukan Pendataan dan Fogging hingga Kasus DBD di Asmat berada di status Hijau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments