Wakapolda Papua Buka Asistensi Fungsi Keuangan Polda Papua

10

Jayapura – Wakil Kepolisian Daerah Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, S.H membuka kegiatan Asistensi Fungsi Keuangan di lingkungan Polri dan Bimtek pelaksanaan anggaran T.A. 2022 pada satker Polda Papua dan Satwil jajaran oleh Tim Puskeu Mabes Polri bertempat di Aula Rastra Samara Polda Papua, Rabu (31/8).

Hadir dalam kegiatan tersebut Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare, S.I.K., Kabid Keu Polda Papua Kombes Pol Drs. Widianto Wahyu Nugroho, Ketua tim Asistensi Kombes Pol Sapto Prabowo S.H., M.Si, para Pejabat Polda Papua, Kasubbag Renmin Polda Papua dan Kaur keu Polda Papua serta Para Kabagren dan Kasi Keu Polres jajaran melalui vicon.

Dalam sambutannya Wakapolda Papua mengatakan bahwa selaku pimpinan Polda Papua menyampaikan terimakasih atas kehadiran tim Puskeu Polri dalam rangka Asistensi Fungsi Keuangan dan Bimtek pelaksanaan anggaran di Polda Papua.

“Selaku pimpinan Polda Papua saya sampaikan terimakasih atas kehadiran Tim Asistensi Mabes Polri dan harapannya kehadiran tim di Polda Papua dapat memberikan bimbingan/petunjuk dan arahan terkait pengelolaan anggaran pada masing-masing Satker,” ucap Wakapolda Papua.

Lebih lanjut, Wakapolda Papua menambahkan bahwa keberadaan dan peranan Fungsi Keuangan pada institusi Kepolisian sangat strategis, karena merupakan salah satu indikator penting terhadap penilaian kinerja Kepolisian secara keseluruhan.

“Prestasi bidang Keuangan secara nasional cukup membanggakan dimana Polri adalah salah satu Lembaga Pemerintah yang telah memperoleh penilaian opini wajar tanpa pengecualian (wtp) oleh BPK RI,” ungkap Wakapolda Papua.

Wakapolda Papua juga menyampaikan Polda Papua tetap berkomitmen meningkatkan kompetensi serta selalu melakukan inovasi pelayanan untuk dapat meningkatkan kinerja agar dapat sama dengan Polda-Polda yang lain.

“Agar seluruh anggota dapat mengikuti dengan penuh saksama sehingga nantinya menjadi pedoman dalam pembuatan dan penyusunan pertanggungjawaban Keuangan di lingkungan Polda Papua dan tidak menjadi temuan pada pemeriksaan-pemeriksaan yang akan datang,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Tim Asistensi Mabes Polri Kombes Pol Sapto Prabowo S.H., M.Si., menyampaikan atas nama pimpinan Polri menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggl­tingginya kepada para Kasatker selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) atas hasil pemeriksaan BPK terhadap laporan keuangan Polri selama 9 tahun berturut-turut dari tahun 2013 s.d. 2021 yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK RI.

“Pencapaian tersebut merupakan kerja keras dan komitmen dari para kasatker selaku kuasa pengguna anggaran (KPA) dan semua pihak dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan Negara pada tingkat satker di Lingkungan Polri,” tutur Kombes Sapto.

Kombes Sapto juga menambahkan bahwa pemahaman terhadap pengelolaan keuangan Negara merupakan hal yang sangat penting dan menjadi tanggung jawab semua pihak dan bukan hanya menjadi tugas bendahara pengeluaran Satker (Bensatker) semata.

“Berkaitan dengan hal tersebut, Puskeu Polri selaku pembina fungsi keuangan melaksanakan kegiatan Asistensi bidang pengelolaan keuangan Negara dan dan sosialisasi Perkap Kapolri nomor 5 tahun 2022 tentang pertanggungjawaban keuangan negara di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia,” ungkap Kombes Sapto.

Akhir kata dari Kombes Sapto mengatakan mengajak kepada semua pihak untuk bertekad membangun komitmen yang kuat dan menjunjung tinggi integritas serta profesionalisme dalam pelaksanaan tugas, sehingga dapat terwujud organisasi Polri yang Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan berkeadilan (Presisi), sesuai dengan kebijakan Kapolri.

Humas Polri

Leave A Reply

Your email address will not be published.