Wakapolda Buka Rakernis Fungsi Bid Dokkes Polda Papua T.A 2022

21

Jayapura – Wakapolda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, S.H. melaksanakan pembukaan Rakernis (Rapat Kerja Teknis) Dokkes Polda Papua T.A. 2022 yang bertempat di Hotel Aston Jayapura Lantai 11, Jumat (2/9).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Pejabat Utama Polda Papua.

Rakernis tersebut dilaksanakan dengan tema “Dokkes Polri yang presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia tumbuh”.

Pada kesempatannya Kabid Dokkes Polda Papua Kombes Pol dr. Nariyana, S.Ked., M.Kes mmenyampaikan Rakernis ini merupakan Rakernis pertama kali Dokkes Polda Papua dan alhamdulilah semua dapat dilaksanakan karena banyak wilayah Polres yang telah terisi Urkesnya.

“Untuk pembangunan RS Bhayangkara sangat dikontribusi besar oleh Wakapolda Papua karena ketika menjadi Kasatgas Nemangkawi dapat menyampaikan untuk meningkat kualitas Rumah Sakit kepada Kapolri sehingga tingkat Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua naik menjadi 1 tingkat,” jelas Kabid Dokkes.

Kami mengucapkan terima kasih juga kepada pimpinan karena sekarang Rumah Sakit juga telah dibangun di Mimika serta akan rencanakan di Jayawijaya, Nabire dan Merauke.

“Dalam membuat Urkes dan penempatam Bintara remaja Bakomsus kami juga mendapatkan kendala karena untuk fasilitas maupun alat yang belum tersedia sehingga kami mengajarkan Kapolres jajaran untuk membuat surat kepada pemerintah Kota untuk dapat menghadirkan alat kesehatan dan alhamdulilah banyak yang berhasil,” ungkap Kombes Pol dr. Nariyana.

Dikesempatan yang sama, Wakapolda Papua menyampaikan dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat, maka semakin meningkat pula tuntutan masyarakat akan kualitas kesehatan. Dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat terutama anggota Polri, banyak hal yang perlu diperhatikan salah satu diantaranya yang dipandang mempunyai peran penting yaitu, penyelenggaraan pelayanan kesehatan anggota Polri, PNS Polri dan masyarakat oleh bidang kedokteran dan kesehatan (Bid Dokkes) Polda Papua.

“Bidang kedokteran dan kesehatan saat ini telah menjadi salah satu ujung tombak Polri didalam menjamin kesehatan personil Polri, ASN, dan keluarga Polri dan masyarakat umum pada Poliklinik serta pelayanan kesehatan Kesamaptaan. Penyelenggaraan pembangunan kesehatan perlu didukung oleh pengembangan sumber daya manusia dibidang Kesehatan,” ucap Wakapolda.

Upaya pengembangan Sumber Daya Manusia dibidang kesehatan bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan dan penyediaan sumber daya manusia dibidang kesehatan dari masyarakat dan pemerintah yang bermutu dalam jumlah dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan.

“Sejalan dengan adanya otonomi daerah baru di Papua, Bid Dokkes sebagai penyedia jasa pelayanan kesehatan dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik dan memenuhi standar pelayanan yang optimal tidak hanya pelayanan yang bersifat penyembuhan penyakit, tetapi juga mencakup pelayanan yang bersifat pencegahan untuk meningkatkan kualitas hidup serta memberikan kepuasan bagi anggota Polri dan masyarakat selaku pengguna jasa Kesehatan,” ujar Brigjen Pol Ramdani

Untuk mewujudkan hal itu, dibutuhkan tenaga-tenaga kesehatan yang profesional, dan memiliki keterampilan pada tugas-tugas bidang kedokteran dan kesehatan. Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura saat ini telah disahkan bapak Kapolri untuk perubahan status dari rumah sakit tingkat III menjadi tingkat II.

“Artinya persentase hasil penilaian kriteria klasifikasi berupa bangunan dan prasarana, kemampuan pelayanan, sumber daya manusia dan peralatan di rumah sakit Bhayangkara, telah terpenuhi sesuai dengan pedoman penetapan kelas rumah sakit,” jelas Wakapolda.

Saya harap, melalui Rakernis Bid Dokkes Polda Papua Tahun Anggaran 2022 ini, dapat meningkatkan pelayanan Sie Dokkes Jajaran Polda Papua, serta dalam menyusun langkah-langkah dalam pencapaian kesehatan yang optimis, baik segi pelayanan kesehatan kepada PNPP (Pegawai Negeri Pada Polri), keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.