Kapolda Papua Buka Rekernis Fungsi Polairud Polda Papua dan Jajaran

9

Jayapura – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K membuka kegiatan Rakernis Fungsi Polairud T.A 2022 Ditpolairud Polda Papua dan Satpolairud Jajaran yang bertempat di Beach Club D’Santee Holtekamp, Selasa (6/9).

Kegiatan tersebut digelar dengan tema “Mengefektifkan Tugas Polairud Dalam Program Polri Presisi Untuk Mengamankan Program Prioritas Nasional Dengan Mewujudkan Kamtibmas Yang Kondusif Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Dan Reformasi Struktural Menuju Indonesia Maju”.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H. dan seluruh PJU Polda Papua.

Pada kesempatannya Dir Polairud Polda Papua Kombes Pol Andi Anugrah, S.I.K menyampaikan Dalam kesempatan ini, kami laporkan jumlah peserta sebanyak 88 personel, 13 personel diantaranya dari Satpolairud Polres jajaran (termasuk Polres Mappi dan Polres Boven Digoel sebagai embrio Satpolairud mendatang).

“Para Wakapolres jajaran juga hadir berkaitan dengan persiapan pembentukan Polda Polda baru sehingga atas adanya direktorat bisa turut mengawasi personel dan kesiapan materiil saat ini, sehingga nanti saat ada Ditpolairud baru, materilnya siap digunakan,” ucapnya.

Lanjut Dir Polairud Polda Papua, kegiatan ini sengaja kita laksanakan disini (tidak di hotel) mengingat suasana Covid-19 mulai naik sehingga kami cari tempat yang udaranya bisa berganti, ini sekaligus sebagai upaya untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Dikesempatan yang sama Kapolda Papua menyampaikan Polairud yang Presisi menjadi sebuah kebutuhan sebagai fungsi utama Kepolisian di wilayah perairan, memiliki peran penting yang mengawal jalannya implementasi kebijakan nasional dari ancaman dan gangguan, baik yang bersifat kejahatan, pelanggaran ataupun kebencanaan.

“Peran Polairud yang presisi di masa pandemi Covid-19 ini harus direfleksikan dengan aktifitas-aktifitas kepolisian yang bersifat adaktif, responsif, kolaboratif dan langkah-langkah proaktif dengan menerapkan strategi-strategi kepolisian meliputi bidang pembinaan sumber daya, operasional, serta kerjasama dan sinergitas dengan stake holder terkait lainya,” ujar Kapolda Papua.

Sehingga nantinya dapat menciptakan Kamtibmas secara komprehensif di wilayah perairan yang kondusif, masyarakat sehat, aktifitas ekonomi dan pembangunan lancar dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang meningkat dan indonesia maju.

“Kebijakan pemerintah Provinsi Papua menjadikan sektor perikanan dan kelautan sebagai salah satu sektor unggulan sumber PAD, maka sektor ini mempunyai peluang yang sangat luas untuk terus dipacu perkembangannya. Selain itu, saat ini pemerintah sedang menerapkan konsep ekonomi biru untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat didaerah pantai dan pesisir. Penyelenggaraan ekonomi biru perlu didukung oleh pengembangan sumber daya manusia dibidang perairan,” tutur Irjen Pol Fakhiri.

Oleh karena itu saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik, sehingga nantinya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Kepada seluruh peserta, jadikan momentum Rakernis ini sebagai ajang untuk menambah pengetahuan dan wawasan, sebagai evaluasi kinerja untuk dapat meningkatkan pelayanan pengamanan bagi masyarakat.

“Terima kasih kepada Ditpolairud sudah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini di tempat yang suasana berbeda, ini sejalan dengan program Presiden RI untuk memanfaatkan program dalam negeri. Selain itu juga suasana terbuka tentunya bisa mengurangi penyebaran virus Covid-19 yang saat ini semakin meningkat,” tandas Kapolda Irjen Fakhiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.