Kapolda Papua Buka Kegiatan Pembekalan dan Pelatihan Keterampilan Bagi PNPP Yang Akan Masuk Purna Tugas

1

Jayapura – Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., membuka Kegiatan Pembekalan dan Pelatihan Keterampilan bagi PNPP Polda Papua yang akan memasuki Purna Tugas T.A 2022 dengan tema “Pensiun Siap Bahagia” yang bertempat di Hotel Horison Jayapura, Rabu (07/09/2022).

Turut hadir dalam kegiatan Pimpinan Bank BTPN Jayapura Vonny Passagi, Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Alfred Papare, S.I.K., Karo SDM Polda Papua Kombes Pol. I Wayan Gede Ardana, S.I.K., M.Si., Pejabat Utama Polda Papua dan peserta sebanyak kurang lebih 100 personel Polda Papua yang akan memasuki Purna Tugas.

Dalam sambutannya Pimpinan Bank BTPN Jayapura Vonny Passagi mengatakan Masa pensiun sejahtera merupakan cita cita pelayanan Bank BTPN yang kemudian kami membantu anggota Polri dan PNS yang sudah memasuki masa pensiun untuk mempersiapkan masa pensiun dengan baik.

“Kami harap materi pelatihan persiapan mental dan pengelolaan keuangan di masa pensiun juga info peluang usaha jelang pensiun bermanfaat bagi para peserta yang sudah memasuki masa purna dan kami berharap juga Bank BTPN dan Polri khususnya melalui giat pelatihan hari ini dapat membantu terciptanya masa pensiun yang sejahtera bagi para peserta,” ucap Vonny Passagi.

Dikesempatan yang sama Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., mengatakan masa pensiun merupakan saat yang penting yang menentukan dalam perkembangan manusia sebab masa pensiun menandai pergantian tahun pertengahan, ke usia tua. Di Indonesia, pada umumnya batasan usia pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil, BUMN ataupun Swasta berkisar pada usia 58 tahun bagi Pejabat Administrasi dan 60 tahun bagi Pejabat Pimpinan Tinggi.

“Program pendampingan yang terstruktur sebagaimana dilakukan pada mereka yang ada dalam usia produktif menjadi sangat penting, sehingga mereka bisa memasuki masa pensiun dengan nyaman dan bisa mencapai visi dari Pemerintah, yaitu untuk menjadikan lanjut usia Indonesia sejahtera,” ungkap Kapolda Papua.

Lebih lanjut, Kapolda Papua menyampaikan pelatihan persiapan pensiun kali ini menekankan pada dua hal, yakni aspek perencanaan keuangan dan aspek psikologis. Pelatihan dimulai dari situasi yang akan dihadapi peserta untuk mengelola keuangan dan dirinya. Berwirausaha juga akan dibahas sebagai salah satu alternatif untuk menginvestasikan uang di masa pensiun.

“Saya harapkan pembekalan ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kesiapan kondisi mental, spritual dan kondisi psikologis anggota Polri dan PNSyang akan menghadapi masa pensiun dan dapat beradaptasi dengan situasi tersebut,” tutur Kapolda Papua.

Akhir kata dari Kapolda Papua juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para narasumber dari Bank BTPN Jayapura, MUI Kota Jayapura, Sinode Provinsi Papua, Kanwil Depag Provinsi Papua, Bagian Perawatan Personel, Bagian Psikologi dan Budi Daya Telur Lokal Mbah Roso, atas kesediaannya memberikan materi pembekalan dan pelatihan, yang mana dapat menjadi modal pengetahuan bagi para peserta untuk terus dikembangkan dengan inovasi yang dimilikinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.