Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Ajak Warga Untuk Tertib Lalu Lintas

0

Jayapura – Direktorat Lalu Lintas Polda Papua menggelar Operasi Zebra Cartenz 2022 di Jalan Raya Entrop Kota Jayapura, Rabu (5/10).

Pada Operasi Zebra hari ketiga ini, personel Dit Lantas Polda Papua memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi aturan berlalu lintas dan tidak lalai dalam berkendara sehingga tidak menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Sasaran Operasi Zebra kali ini adalah pengendara yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas, seperti pengguna dalam keadaan mabuk, melawan arus dan lainnya. Penindakannya bisa berupa teguran hingga penilangan.

Wadir Lantas Polda Papua AKBP I Made Budi Darma menuturkan, dalam Operasi Zebra Cartenz 2022, Dit Lantas Polda Papua akan lebih mengedepankan upaya pendekatan yang simpatik dan humanis serta memberikan edukasi kepada masyarakat agar membangun budaya tertib berlalu lintas.

Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang presisi di Kota Jayapura.

“Kami berharap dengan adanya Operasi Zebra ini angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di Kota Jayapura menurun. Saat operasi Zebra, nantinya para anggota akan berpatroli, jika ditemukan pelanggaran, kami akan mengambil tindakan preventif dan edukatif. Namun, jika tidak bisa diingatkan kami harus mengambil tindakan penilangan,” tuturnya.

Lanjut Wadir Lantas, pihaknya mengajak masayarakat agar terus tertib berlalu lintas. Agar masyarakat nyaman dan selamat sampai tujuan saat berkendara dan hindari melakukan pelanggaran yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas, karena keselamatan dalam berlalu lintas merupakan hal yang utama.

“Kami mengimbau agar masyarakat melengkapi kelengkapan sebelum berkendara, baik itu surat-surat hingga kesiapan kendaraan untuk berkendara. Jadi, hindari melakukan pelangggaran lalu lintas yang dapat menyebabkan kecelakaan. Perlu di ingat bahwa Kecelakaan lalu lintas berawal dari pelanggaran,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.