Wakapolda Papua Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 Polda Papua

11

Jayapura – Dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94, Personel Polda Papua melaksanakan Upacara yang dipimpin oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H bertempat di Lapangan Apel Mapolda Papua, Jumat (28/10).

Pagelaran upacara yang dihadiri Para Pejabat Utama Polda Papua dan diikuti oleh seluruh Personel Polda Papua tersebut mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa”.

Pada kesempatannya, Wakapolda Papua membacakan Keputusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928 yang dimana menjadi cikal bakal Hari Sumpah Pemuda yang ditetapkan sebagai salah satu hari penting nasional dan diperingati setiap tahunnya.

Brigjen Pol Ramdani Hidayat mengatakan bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya dalam menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” ucap Wakapolda.

Ia menambahkan, peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa dalam mepelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya hingga mengantarkan kepada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

“Tema untuk tahun ini ialah Bersatu Bangun Bangsa, ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi Bangsa Indonesia,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Brigjen Pol Ramdani juga menyampaikan bahwa seluruhnya patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional.

“Kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa,” tutur Wakapolda Papua.

Diakhir penyampaiannya, ia mengajak personel Polda Papua untuk menjadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia,” tutup Brigjen Pol Ramdani Hidayat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.