Wamendagri Bersama TNI-Polri Kibarkan Bendera di Bawah Laut Jayapura

9

Jayapura – Peringatan Sumpah Pemuda diwarnai dengan Upacara Bendera Dibawah Laut oleh TNI-Polri yang dipimpin langsung Wakil Menteri Dalam Negeri Bpk. John Wempi Wetipo, S.H., M.H didampingi Wakapolda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H, Jumat (28/10).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Sumpah Pemuda tersebut melibatkan 62 orang yang terdiri dari personel TNI-Polri bersama POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) yang bertempat di Perairan Tanjung Kayu Batu, Kota Jayapura pada kedalaman 20 meter.

Wamendagri mengatakan bahwa memperingati Hari Sumpah Pemuda yang Ke 94, dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa”, memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah,” ucap John Wempi Wetipo.

Ia juga menyampaikan, pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

“Saya memiliki keyakinan yang besar bahwa generasi pemuda saat ini juga memiliki kesempatan yang sama untuk memimpin bangsa. Oleh karena itu, saya mengajak suadara-saudara sekalian untuk Bersatu, dan perbedaan harus menjadi satu kekuatan untuk membangun Papua yang lebih baik kedepan,” ujar Wamendagri.

Tidak hanya itu, Wakil Menteri Dalam Negeri tersebut mengajak Pemuda yang ada di Tanah Papua bergotong royong saling bergandengan tangan untuk memajukan Papua. Oleh karena itu dalam upacara ini yang banyak melibatkan putra asli Papua menjadi kebangaan untuk kita dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-94.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 yang telah menyatukan kita untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan bangsa yang baik,” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.