Lakukan Pembinaan dan Pemulihan Profesi, Subbag Rehabpres Kunjungi Polres Asmat

21

Asmat – Subbag Rehabpres Bid Propam Polda Papua melaksankan kegiatan Pembinaan dan Pemilihan Profesi kepada personil Polres Asmat bertempat di Aula Wira Pratama Mapolres Asmat, Selasa (1/11) siang.

Kegiatan pembinaan dan pemulihan profesi dipimpin langsung Kapolres Asmat AKBP Agus Hariadi, S.Sos., MM didampingi Kasubbag Rehabpres Bid Propam Polda Papua Pembina Maya Sulistyowati, SE, Ps. Kaur Binlihprof Subbagrehabpres Ipda Musa Ayekiding dan Pamin Ur Reglitta Subbagrehabpres Aipda Eka Purwantari.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Asmat AKBP Agus Hariadi, S.Sos., MM mengucapkan selamat datang tim dari Bid Propam Polda Papua di Kabupaten Asmat yang akan memberikan pembinaan dan pemulihan profesi bagi personil Polres Asmat.

“Apabila ada anggota yang sudah menjalani hukuman harus membuat pemutihan di Subbagrehabpres Bid Propam Polda Papua sehingga karirnya tidak terhambat,” ucapnya.

Sementara itu Kasubbag Rehabpres Bid Propam Polda Papua Pembina Maya Sulistyowati, SE mengatakan kegiatan pembinaan dan pemulihan profesi dilakukan bagi anggota Polri yang pernah melakukan pelanggaran disiplin maunya kode etik yang sudah melaksanakan sidang dan pengawasan namun belum diterbitkan administrasi rehabilitasnya.

“Nilai-nilai yang meliputi perubahan minset dan culture set, pendidikan budaya dan anti korupsi, kode etik profesi Polri, nilai-nilai kebhayangkaraan dan karakter bangsa saat ini sangat dibutuhkan untuk membangun SDM Polri dengan harapan adanya perubahan mendasar membangun karakter bangsa, untuk itulah kita butuh perubahan yang revolusioner terhadap pola pikir dan budaya kerja agar kita segera mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut lagi kata Pembina Maya, tantangan Polri kedepan akan semakin berat karena dipengaruhi lingkungan yang strategis sehingga upaya meningkatkan kualitas SDM Polri bukan hanya mencakup aspek intelektual saja melainkan harus menyentuh aspek mental, kepribadian yang justru berperan penting dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara (Polri).

“Upaya pemeliharaan sikap mental perilaku anggota Polri dapat dilakukan melalui berbagai pembinaan, pengawasan melekat, reward dan punishment maupun melalui pendidikan dan pelatihan,” ungkap Kasubbag Rehabpres.

Ia pun menuturkan bahwa melalui kegiatan pembinaan dan pemukihan profesi ini, yang merupakan program prioritas Kapolri diharapkan agar personil yang bermasalah dengan hukum dapat kembali memiliki integritas tinggi, semangat untuk memperbaiki diri dan merubah prilaku menjadi lebih baik, sehingga nantinya dapat memberikan layanan prima dan dapat memberikan pelayanan prima dan mewujudkan kepercayaan masyarakat.

“Diharapkan personil yang hadir dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius untuk mencapai hasil yang baik dan niatkan bahwa kita semua mampu merubah diri dan institusi kita menjadi institusi yang dibangkakan dan diandalkan oleh masyarakat, bangsa dan negara,” tandasnya.

Kegiatan dilanjutkan penyampaian materi Rehabilitasi Personil oleh Ps. Kaur Binlihprof Ipda Musa Ayekiding selanjutnya penyampaian materi pengawasan dan pembinaan karier oleh Ps. Kabag SDM Polres Asmat AKP Horas Nababan, pembacaan sumpah dan janji pakta integritas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.