Kasat Reskrim Sosialisasikan UU Nomor 23 Tahun 2004 Kepada Tim Penggerak PKK Kab. Waropen

10

Waren – Bertempat di Aula Hotel Merpati Urfas, Kasat Reskrim Iptu. Zakaruddin, S.H., M.H., sosialisasikan UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) kepada Tim Penggerak PKK Kab. Waropen tingkat Distrik dan Kampung, Kamis (03/11/2022).

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut antara lain Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Waropen Ibu. Grace Bisai, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kab. Waropen Ibu. Selvi Imbiri, serta para peserta dari Tim Penggerak PKK Kab. Waropen tingkat Distrik dan Kampung.

Dalam sosialisasi tersebut, Kasat Reskrim Iptu. Zakaruddin, S.H., M.H., menyampaikan materi dari UU Nomor 23 Tahun 2004, mulai dari Bab I tentang Ketentuan Umum hingga Bab VIII tentang Ketentuan Pidana.

Saat dikonfirmasi seusai kegiatan tersebut, ia mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan agar para Ibu-Ibu Penggerak PKK di Kab. Waropen dapat memahami apa itu penghapusan kekerasan dalam rumah tangga yang terkandung dalam UU Nomor 23 Tahun 2004 tersebut.

“Perlu diketahui oleh para peserta sosialisasi, sebagaimana diatur dalam Pasal 5 yang berbunyi setiap orang dilarang melakukan kekerasan dalam rumah tangga terhadap orang dalam lingkup rumah tangganya, dengan cara kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan seksual atau penelantaran rumah tangga.” Terangnya.

“Kemudian kami juga memaparkan tentang Hak-Hak Korban KDRT, Kewajiban Pemerintah dan Masyarakat, Perlindungan, dan Pemulihan Korban.”

Kasat Reskrim menambahkan diakhir konfirmasinya bahwa pihaknya juga menjelaskan tentang ketentuan pidana di Bab VIII, mulai dari Pasal 44 hingga Pasal 53, sebagai pengetahuan kepada para Ibu-Ibu Penggerak PKK tentang ancaman hukuman bagi pelaku kekerasan dalam rumah tangga.

Nova

Leave A Reply

Your email address will not be published.