Kapolda Papua Pimpin Upacara Wisuda Purnabakti Anggota Polri dan PNS Polri Polda Papua

20

Jayapura – Bertempat di Aula Rastra Samara Mapolda Papua telah dilaksanakan Upacara Wisuda Purnabakti anggota Polri dan PNS Polri Polda Papua, Selasa (08/11).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K. dan dihadiri oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat dan Pejabat Utama Polda Papua.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Papua mengatakan memasuki usia pensiun adalah suatu proses berakhirnya masa kerja secara rutin dan mulainya untuk memasuki masa beristirahat, karena masa kerja secara aktif telah berakhir.

“Saya merasa senang bisa melihat rekan-rekan yang memasuki masa pensiun dalam keadaan sehat wal’afiat, suatu apresiasi dari Polri yang telah melepas dengan hormat kepada Anggota Polri yang memasuki Masa Purnawirawan yang mana telah memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara khususnya Institusi Polri,” ucap Kapolda Papua.

Lebih lanjut, Kapolda menambahkan bahwa kegiatan wisuda purnabakti yang dilakukan adalah merupakan wujud penghargaan yang tulus dan ungkapan rasa hormat yang setinggi-tingginya dari segenap kesatuan dan rasa kecintaan bagi anggota yang memasuki masa pensiun atas pengabdian selama dinas aktif sampai mengakhiri masa purna tugas di Kepolisian Negara Republik Indonesia. Selain itu juga dimaksudkan sebagai pengikat Tali Persaudaraan serta ikatan batin para purnawirawan beserta keluarga terhadap anggota yang masih aktif sebagai generasi penerusnya.

“Acara seperti ini akan ditradisikan secara rutin setiap tahun kepada para anggota yang akan memasuki purna tugas, baik di Mapolda Papua dan Polres Jajaran. Untuk Diketahui bahwa tahun 2022 anggota dan PNS Polri Polda Papua yang pensiun sebanyak 108 orang terdiri dari Pamen 38 orang, Pama 45 orang, Bintara 14 orang dan PNS 11 orang,” ujar Kapolda.

Lanjut dikatakan, sebagaimana diketahui bersama bahwa pelaksanaan tugas Polri sebagai Pemelihara Kamtibmas, Penegak Hukum, Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat merupakan suatu tugas mulia dalam rangka pengabdian sebagai Insan Bhayangkara. Pengabdian tersebut membutuhkan kerja keras, disertai dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam pelaksanaannya.

“Seiring dengan berjalannya waktu, pengabdian selaku Insan Bhayangkara akan berakhir dan digantikan oleh generasi penerus, karena adanya batasan usia dalam kedinasan. Purna tugas merupakan suatu hal yang bersifat alamiah dan hendaknya disikapi dengan jiwa yang ikhlas dan penuh semangat,” ungkapnya.

Selain itu, Kapolda juga menyampaikan bahwa Purna Tugas harus menjadi momentum mengabdi di masyarakat secara penuh. Kontribusi pensiunan justru semakin nyata dan diperlukan saat ia terjun dalam kehidupan bermasyarakat atau dengan kata lain Purna Tugas Bukan Batas Pengabdian.

“Atas nama pribadi dan selaku Pimpinan Polda Papua menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mendukung penyelenggaraan acara ini. Semoga tuhan yang maha Esa merestui dan memberikan kekuatan kepada kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara,” tutup Kapolda Papua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.