Sat Binmas Polres Keerom Laksanakan Giat Pembinaan Dan Pengawasan Fungsi FKPM

7

Keerom – Bertempat di Kampung Alang-alang Raya, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, telah dilaksanakan Giat Pembinaan Dan Pengawasan Fungsi FKPM oleh Sat Binmas Polres Keerom, Kamis (10/11).

Dalam kegiatan tersebut di pimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Keerom AKP Abdul Wahidin beserta anggota Sat Binmas dan dihadiri Ketua Bamuskam Kampung Alang alang raya, Kaur Pembangunan Kampung Alang-alang Raya, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Bhabinkamtibmas Kampung Alang-alang Raya.

Forum Kemitraan Polisi Masyarakat atau yang di singkat (FKPM) merupakan wahana komunikasi atau kerjasama yang dibangun antara masyarakat dengan polisi yang bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Dalam penyampaiannya Kasat Binmas menjelaskan bahwa tugas FKPM adalah sebagai mitra polisi dalam menyelesaikan setiap problem solfing yang ada dikampung tanpa harus ke rana hukum.

“Setelah pembentukan Anggota FKPM maka Kapolres akan mengeluarkan Skep anggota FKPM yang mana Tugasnya merupakan menyelesaikan setiap problem solfing yang ada dikampung sehingga masalah yang ringan dapat diselesaikan di kampung secara kekeluargaan tanpa memasuki rana hukum,” Jelas Kasat.

Kasat Binmas juga menambahkan bahwa FKPM ini akan dibentuk yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, kaum intelektual, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“FKPM dibentuk dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, kaum intelektual sehingga kita dapat melihat yang tergabung dalam FKPM bisa mencapai 21 orang dan Bhabinkamtibmas akan menjadi sekretaris dalam organisasi FKPM tersebut serta bersamaan dengan pengaktifan pos-pos kamling yang akan membantu menjaga keamanan kampung,” Tambahnya.

Lagi dikatakan, Apabila FKPM dan Pos kamling ini berjalan maka bisa dipastikan angka kejahatan akan menurun dan setiap permasalahan ringan dapat diselesaikan secara kekeluargaan, selain itu bagi FKPM yang terbaik dikampung dapat diikutkan lomba dalam keaktifan FKPM terbaik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.