Polisi Hadiri Forum Perlindungan Keanekaragaman Hayati Berbasis Masyarakat Adat

5

Tanah Merah – Bertempat di Aula Pemda Kab. Boven Digoel Kapolres Boven Digoel yang di wakili PS Kasie Dokkes Polres Boven Digoel Brigpol Hamka hadiri undangan dari Dinas Kehutanan Kab. Boven Digoel dalam rangka Forum Perlindungan Keanekaragaman hayati berbasis Masyarakat Adat pada Koridor Hidupan Liar sebagai Ekosistem Penting di Kabupaten Boven Digoel, Selasa (22/11/2022).

Dalam sambutan Bupati Boven Digoel yang dibacakan oleh Bpk. Syahib SKM. M, Kes (Plt. Asisten II Setda Kabupaten Boven Digoel) Jelaskan bahwa Keanekaragaman hayati diantara seluruh makhluk hidup dari semua sumber yang mencakup species, genetik, ekosistem dan proses ekologi.

Cara memanfaatkan keanekaragaman hayati menentukan kelestarian sumber daya hayati dengan cara mengelolanya akan menentukan Produktivitas sumber daya hayati  dan kelestarian Fungsi-fungsi ekologisnya

Keanekaragaman hayati merupakan modal dasar pembangunan yang perlu dilindungi dan di lestarikan keberadaanya, dimana hal ini penting guna mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan kemakmuran ekonomi yang merupakan salah satu bentuk aksi nyata dalam melaksanakan SDGs.

Dengan pembentukan sebuah forum kolaborasi bersama untuk perlindungan keanekaragaman hayati, di butuhkan komitmen masyarakat dan pemerintah sehingga dapat mencapai kesepakatan bersama dan melaksanakan tujuan dari pembentukan forum perlindungan keanekaragaman hayati.

Harapan saya dengan terbentuknya suatu forum perlindungan keanekaragaman hayati berbasis masyarakat adat dan bersifat mandiri di kabupaten Boven Digoel dapat melindungi keanekaragaman hayati dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Kegiatan di hadiri oleh tamu  undangan Bupati Boven Digoel yang di wakili oleh Plt. Assisten II Setda Kab.Boven Digoel, Anggota DPRD Boven Digoel, OPD Kab. Boven Digoel, Kepala BBKSDA Provinsi Papua, Kepala KSDA Wilayah I Merauke, Pasandi Siinteldim 1711/BVD, Psti Kasie Dokter Polres Boven Digoel dan Para Kepala distrik dan Kepala Kampung Desa Sekabupaten Boven Digoel.

Haryanto

Leave A Reply

Your email address will not be published.