Antisipasi Kalender Kamtibmas Polda Papua Tanggal 1 Dan 14 Desember 2022, Kapolres Pimpin Apel Gelar Pasukan

10

Karubaga — Bertempat di lapangan apel Mapolres, Kapolres Tolikara AKBP Dicky H. Saragih, S.Sos Pimpin langsung apel gelar pasukan dalam rangka antisipasi Kalender Kamtibmas Polda Papua tanggal 1 dan 14 desember tahun 2022, Rabu (30/11) sore.

Turut hadir Wakapolres AKP D. Togatorop beserta para Kabag, Kasat dan Kasi beserta anggota Polres Tolikara, Danramil Kapten Inf. Restu Luberna, S.H Beserta Anggota, Pabung Kab.Tolikara Kapten Inf. Ponco Edi Wibowo beserta anggota, Danpos Maleo Letda Inf. Nasoha beserta anggota, Danton BKO Brimob Iptu Suriadin, S.H.,M.H beserta anggota.

Kapolres Tolikara AKBP Dicky H. Saragih, S.Sos dalam arahannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran rekan – rekan untuk melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara khususnya di Kab. Tolikara dalam rangka memberikan rasa aman dalam mengahadapi kalender kamtibmas Polda Papua dan Papua Barat.

“Telah kita ketahui bersama bahwa telah terjadi beberapa gangguan kamtibmas khususnya yang ada di daerah Manokwari Papua Barat dan juga kejadian di daerah Yahukimo Polda Papua, maka diharapkan kepada kita semua untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam menghadapi hal tersebut,” Ujarnya

Lanjut Kapolres, dengan adanya apel gelar pasukan ini kita semua akan melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya patroli gabungan dengan tujuan mengurangi niat dari kelompok – kelompok yang bertentangan dengan pemerintah sehingga menciptakan keamanan dan kenyamanan dilingkungan masyarakat Kab. Tolikara.

“Selain itu kita juga akan melaksanakan penggalangan kepada para tokoh untuk mengajak masyarakatnya bersama – sama menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan masing-masing,” pungkas Kapolres.

Kapolres menambahkan bahwa kami sampaikan juga bahwa dibulan Desember besok kita juga akan melaksanakan penyelesaian masalah perang suku yang terjadi pada tanggal 25 September kemarin, terus kita perlu mengantisipasi pembagian SK bagi kepala distrik dan kepala desa yang mana hal ini akan berdampak pada kamtibmas, selain itu kita juga akan melaksanakan pengamanan pembagian dana kampung TA. 2022, serta pelaksanaan ibadah natal dan tahun baru 2023, maka hal ini perlu dukungan semua baik dari TNI – BKO Brimob dan juga Polres.

“Selain itu hari ini juga telah terjadi pemalangan jalan di distrik nelawi, namun hal itu kami telah melakukan koordinasi secara humanis namun sampai saat ini masih belum dibuka sehingga besok kita akan melakukan koordinasi kembali guna mendapatkan sebuah kesepakatan antara masyarakat nelawi dan pemerintah daerah, mudah – mudahan dengan adanya rencana negosiasi besok masyarakat bisa mengerti dan memahami serta menerima apa yang jadi permasalahan yang ada,” jelas Kapolres.

Dirinya mengatakan bahwa pengamanan wilayah pada bulan Desember saat ini merupakan perhatian dari Pimpinan kita baik dari pusat yakni Kapolri dan Panglima TNI yang kemudian diteruskan oleh Kapolda Papua dan Pangdam yang selanjutnya kepada kita yang ada di kewilayahan. Apabila terjadi konflik ditengah masyarakat agar kita semua dapat hadir dan menjaga hal tersebut agar tidak meluas, maka dari itu kepada seluruh anggota agar dapat menjaga kesehatan dengan baik sehingga setiap adanya permasalahan dapat kita kendalikan dan kita bisa pastikan situasi di wilayah kita kab. tolikara tetap dalam keadaan aman kondusif.

Leave A Reply

Your email address will not be published.