Polda Papua Menggelar Kegiatan “Polisi Belajar” Kepada Perwira SIP Angkatan 50 dan 51

32

Jayapura – Bertempat di Aula Rastra Samara Polda Papua, telah dilaksanakan kegiatan “Polri Belajar” dengan maksud memberikan pemahaman terkait perencanaan dan penggunaan anggaran dalam lingkup Polri, Selasa (29/11).

Turut hadir sebagai narasumber yakni Kabid Keuangan Polda Papua Kombes Pol Drs. Widianto Wahyu Nugroho, Kabag Dalpers Biro SDM Polda Papua AKBP Penri Erison, S.Pd., M.M, Kasubbag Mutjab Bag Binkar Biro SDM Polda Papua Kompol Doni Cancero S.I.K., S.H, Kabag Renprograr Biro Rena Polda Papua Pembina TK I Edison Kawer dan diikuti oleh Para Perwira SIP Angkatan 50 dan 51 Polda Papua.

Kegiatan yang bertemakan “Polri Belajar Latkatpuan Teknik Perencanaan Dan Keuangan di Lingkungan Polda Papua” tersebut berdasarkan Peraturan Kapolri No. 5 Tahun 2022 Tentang Pertanggungjawaban Keuangan Negara Di Lingkungan Polri.

Kepala Bidang Keuangan Polda Papua menyampaikan, Penggunaan anggaran merupakan aspek yang sangat penting di lingkup Polri dimana anggaran merupakan pilar pendukung keberhasilan suatu institusi dalam menggapai suatu visi dan misi dimana dalam konteks Polri ialah tercapainya keberhasilan program Presisi.

“Adapun latar belakang dari Perkap No. 5 tahun 2022 ini ialah sebagai pedoman teknis dalam penyusunan dokumen asministrasi perwabkeu pada satker Polri, sebagai pendukung dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Polri utamanya di bidang Operasional, Sebagai tindak lanjut dari usulan satker pembina fungsi, serta Sebagai antisipasi terhadap temuan wasrik internal dan eksternal atas pelaksanaan anggaran belanja pada Polri,” ujarnya.

Kombes Pol Drs. Widianto Wahyu juga menerangkan bahwa seluruh personel Polri terlebih perwira harus mengetahui dan memahami isi serta realisasi dalam perencanaan dan penggunaan anggaran dalam lingkup Polri.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk penyesuaian terhadap ketentuan peraturan perundangan bidang keuangan negara, mempelajari sistematika percepatan pelaksanaan anggaran belanja pada polri yang berkaitan dengan pengeluaran negara, serta mempelajari perkap No. 5 tahun 2022 tentang pertanggungjawaban keuangan negara di Lingkungan Polri,” tutup Kabid Keu Polda Papua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.