Polisi Tangani Kasus Pertikaian Antar Suku di Nabire

66

Nabire – Kepolisan Resor Nabire tengah menangani kasus pertikaian antar Suku Mee dengan Suku Mamberamo yang dpicu adanya dugaan Tindak Pidana yang dilakukan oleh Suku Mee.

Kapolres Nabire mengatakan, kejadian itu berawal pada Selasa (29/11) sekitar pukul 02.00 WIT, di sekitar komplek Perumahan Sat Pol PP Kelurahan Bumiwonorejo dimana kompleks tersebut menjadi tempat tinggal oleh masyarakat pendatang dan juga beberapa kelompok dari suku Mamberamo.

“Pada saat percobaan pencurian itu diketahui oleh Kelompok Suku Mamberamo sehingga dengan cepat para diduga pelaku pencurian yang berjumlah kurang lebih 3 orang melarikan diri dari kejaran Suku Mamberamo dan meninggalkan sebuah Sepeda Motor di TKP,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan dengan kejadian tersebut Suku Mamberamo mempunyai inisiatif untuk menahan motor yang ditinggalkan oleh para diduga Pelaku pencurian, dengan harapan apabila ada yang datang mengambil Sepeda Motor tersebut maka bisa dipastikan mereka lah yang melakukan percobaan pencurian tersebut.

“Sekitar Pukul 09.00 Wit bertempat di Kompleks Suku Mamberamo (TKP Percobaan Pencurian), telah datang Sekelompok Suku Mee yang berjumlah kurang lebih 100 orang melakukan pelemparan batu dan pengrusakan serta penjarahan rumah” ungkapnya.

Akibat kejadian itu korban. Maria Dogomo (18) terkena lemparan batu di bagian kepala dan sudah dibawa ke Rumah sakit untuk dilakukan pengobatan.

Pukul 10.00 WIT Polres Nabire tiba di TKP dan memberikan himbauan agar situasi kembali kondusif, namun terjadi aksi spontanitas dari kelompok Suku Mamberamo untuk menyerang beberapa orang dari Suku Mee yang masih berada di TKP dengan menggunakan Panah.

“Satu orang terkena panah yakni an. Stefanus Youw (30) yang terkena panah dibagian pinggang belakang,” ucap Kabid Humas.

“Saat ini situasi kamtibmas di Kabupaten Nabire pasca pertikaan relatif kondusif, personel gabungan dapat melerai antara kedua belah pihak dan dapat di kendalikan. Aparat TNI-Polri masih melakukan Patroli dibeberapa titik,” imbuhnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.