Dialog Interaktif Dengan Tema “Hidup Dalam Kebersamaan, Jelang Memasuki Bulan Penuh Damai”

17

Jayapura – Menjelang Bulan yang penuh damai, telah dilaksanakan dialog dalam Program Papua 60 Menit dengan topik “Hidup Dalam Kebersamaan, Jelang Memasuki Bulan Penuh Damai” yang bertempat di Stasiun LPP TVRI Jayapura, Rabu (30/11).

Hadir sebagai narasumber Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H., Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Pdt. Jimmy Koirewoa, S.Th. dan Ketua MUI Papua (Tokoh Agama) KH. Syaiful Islam Al Payage.

Di kesempatan tersebut, Kabid Humas mengatakan secara keseluruhan atau komulatif situasi di Provinsi Papua cukup kondusif namun masih ada beberapa daerah yang masih menjadi atensi dari Polda Papua karna masih ada beberapa daerah yang masih ada terjadi kekerasan.

“Memasuki bulan desember saudara kita umat kristiani akan melaksanakan ibadah di minggu pertama advent kemudian Natal dan Tahun baru ini menjadi warning kepada seluruh jajaran agar kita turut menjaga membantu saudara kita dalam melaksanakan ibadah agar tentram dan damai,” ucap Kabid Humas.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa mulai minggu advent ini akan ada rangkaian kegiatan keagamaan sudah mulai di laksanakan tentu kami dari kepolisian siap untuk mengawal menjaga dan turut membantu sehingga bisa berjalan aman nyaman dan lancar.

“Papua adalah tanah dengan penuh keberagaman agama maka tak lupa Aparat Kepolisian mengajak seluruh warga masyarakat komponen tokoh agama untuk bersama sama menyonsong Natal dan Tahun baru dengan penuh kedamaian,” ungkapnya.

Sementara itu, Pdt. Jimmy Koirewoa mengatakan Natal kali ini agak berbeda dari tahun tahun sebelumnya karna ada gelaran Piala Dunia, Papua juga baru ada 3 Daerah Otonomi Baru sehingga perhatian kita tertuju ke sana.

“Saya selaku ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) di Papua menghimbau agar seluruh gembala agar dalam ibadah menyampaikan agar pesan yang baik serta bagi pecinta bola ketika konfoi agar dilakukan dengan tertib dan berhati hati dalam melakukan perayaan atau pesta kemenangan,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, KH. Syaiful Islam Al Payage mengatakan toleransi di Papua yang sudah ada dan baik ini harus di jaga sampai kapanpun dan saya bersyukur toleransi antar umat bergama di sini sangat baik sekali. Dari itu dirinya berterimakasi kepada para pendeta, pastor, dan para tokoh agama.

“Kami juga berharap agar keamanan di Papua ini terus terjaga karna kebersamaan ini tidak bisa akan berlanjut jika kita tidak merasa aman dan nyaman serta keamanan bukan hanya peran TNI Polri tapi peran kita semua seluruh warga masyarakat yang bermukim di Papua,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.