Polri Sahabat Masyarakat, Anak Kecil Hingga Lansia Hadir Di Pesta Bakar Batu

8

Kenyam – Operasi Damai Cartenz melalui Satgas Binmas Noken menggelar acara bakar batu bersama Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat , Tokoh agama serta warga di kampung Lanny Nduga Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua.

Kapolres Nduga AKBP Rio Alexander Panelewen, SIK melalui Ipda Nus Korwa Selalu KBO Binmas apolres Nduga mengatakan upacara bakar batu ini sebagai penanda bahwa kabupaten Nduga saat ini dalam keadaan yang aman dan penuh kedamaian.

“Operasi Damai Cartenz adalah satuan tugas yang dibentuk oleh Pemerintah melalui Polri dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Papua. Menyambut bulan penuh kedamaian, pada kesempatan yang baik ini masyarakat dapat berkumpul dan mengucap syukur mepada Tuhan. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul bersama  merayakan acara bakar batu sebagai bukti kebersamaan serta keberhasilan dalam meningkatkan kesejahteraan ditengah masyarakat,” ungkap Kapolres di lokasi, Rabu (30/11/22).

Lebih lanjut, pelaksanaan pesta bakar batu di kampung Lanny Nduga juga dikarenakan hubungan yang telah terjalin begitu solid. Sebagai contoh Kepala suku Lanny Nduga bapak Onagen Gwijangge merupakan salah satu warga Binaan Binmas Noken dalam Programnya KASUARI, yang dalam program itu bapam Onagen diberikan bantuan sepasang ternak babi untuk dipelihara dan dikembangkan untuk kemudian hasilnya dapst dimanfaatkan meningkatkan perekonomian keluarga.

“Kampung Lanny Nduga ini merupakan kampung yang dekat dengan Binmas Noken, pak Onagen merupakan warga bjnaan kami, bapak Gembala juga, sedangkan anak-anak yang tinggal di sekitar kampung Lanny Nduga menjadi anak didik binaan Binmas Noken dalan Program Polisi mengajar atau Si Ipar. Semoga ini dapat terjaga dan terus ditingkatkan, biarlah momen yang baik ini menjadi suatu tanda komitmen bahwa kita semua adalah satu atau bersaudara, mari jaga wilayah ini dan kita bangun Papua yang damai dan maju dengan saling mengasihi,” tambahnya.

Pada saat itu terlihat kebahagiaan terpancar dari wajah masyarakat yang menghadiri pesta bakar batu tersebut. Berbagai usia yang turut hadir meramaikan acara dari anak-anak , pemuda hingga lanjut usia. Selain itu, para tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemerintah turut hadir.

Personil Binmas Noken dan personil Polres Nduga juga turut membantu warga dalam menyiapkan pesta tersebut, dari pembakaran batu, menyiapkan hewan babi dan ayam yang hendak dibakar, sayuran juga membantu dalam proses pembagian makanan. Terlihat jelas kedekatan yang terjalin antar masyarakat dan personil kepolisian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.