Wakapolda Papua Pimpin Upacara dan Syukuran Dalam Rangka Peringatan HUT Ke-72 Kepolisian Perairan dan Udara

23

Jayapura – Bertempat di Beach Club D’Santee Jayapura, Holtekamp, Kota Jayapura, telah dilaksanakan Upacara Parade dan Syukuran Dalam Rangka Memperingati HUT Ke-72 Kepolisian Perairan dan Udara, Senin (05/12).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H yang dihadiri para Pejabat Utama Polda Papua, Pengurus Bhayangkari Daerah Papua serta Para Sesepuh dan Purnawirawan Polisi Perairan dan Udara Polda Papua.

Diketahui bahwa pelaksanaan upacara dan syukuran peringatan HUT Ke-72 Kepolisian Perairan dan Udara tahun ini mengandung tema “Polairud Profesional dan Efektif Mendukung Pembangunan Ekonomi Maritim Nasional Untuk Mewujudkan Indonesia Yang Tangguh”.

Wakapolda Papua pada amanatnya mengatakan bahwa Keberadaan dan eksistensi Kepolisian Perairan dan Kepolisian Udara hingga saat ini merupakan buah dari kerja keras para senior pendahulu kita yang sudah merintis pembentukan organisasi, pengembangan alut, infrastruktur serta sumber daya manusia Polairud sejak tahun 1950.

Tidak hanya itu, Saat ini pemerintah dan pimpinan Polri telah memberikan perhatian yang besar terhadap Kepolisian Perairan dan Udara dengan memberikan dukungan anggaran yang cukup besar, penambahan personel yang memiliki keahlian khusus serta alut dan almatsus di jajaran Korpolairud, karena memandang Polairud memiliki tugas yang lengkap mulai dari kegiatan deteksi dini, preemtif, preventif dan penegakan hukum di wilayah perairan dan udara sehingga perlu didukung sarana dan prasarana yang modern.

“Kegiatan Hut Polairud Ke-72 dilaksanakan secara internal di dalam lingkungan Korpolairud yang berorientasi pada efektivitas dan efisiensi sumber daya yang memberikan manfaat bagi kesatuan dan anggota serta sesuai dengan Program Prioritas Kapolri “Presisi” yaitu mendukung pemulihan ekonomi nasional, pemantapan kinerja pemeliharaan kamtibmas, mendukung penanganan covid-19 serta menjamin keamanan program prioritas nasional,” ucapnya.

Ia berharap seluruh personel Kepolisian Perairan dan Udara dapat lebih ber inovasi dan terobosan kreatif dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat, tekan perilaku menyimpang, budaya koruptif, penyalahgunaan wewenang dan budaya hidup bermewah mewah yang dapat merusak citra Polri di mata masyarakat baik nasional maupun internasional.

“Tingkatkan kemampuan dalam menganalisa situasi dan kondisi sehingga dapat memprediksi permasalahan serta potensi gangguan kamtibmas yang akan terjadi dan harus dihadapioleh Polri dengan memanfaatkan sarana teknologi dan informasi,” ujar Wakapolda.

Dirinya juga yakin dan percaya bahwa Kepolisian Perairan dan Udara akan tetap kokoh dan tangguh dalam menghadapi setiap tantangan tugas setegar batu karang.

Setelah dilakukan upacara, kemudian dialnjutkan dengan kegiatan syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H. didampingi Dir Polairud Polda Papua Kombes Pol. Andi Anugerah, S.I.K., yang diberikan kepada perwakilan personel tertua dan termuda Dit Polairud Polda Papua yakni AKP Deddy Wali dan Bripda Rio Yanto Bota.

Leave A Reply

Your email address will not be published.