Polres Merauke laksanakan Upacara Harkitnas ke 115 tahun

banner 468x60

Merauke  – Wakapolres Merauke Kompol Viky Pandu Widhapermana, SH., SIK., MH bertindak sebagai inspektur upacara  dalam rangka memperingati  Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke – 115 tahun, bertempat di lapangan apel Mapolres Merauke, Provinsi Papua Selatan, Senin (22/05/2023).

Pelaksanaan upacara bendera diikuti oleh ratusan personil Polres Merauke yang terdiri dari para Kabag, Para Kasat, Para Kasi, Para Kapolsek, Para Perwira Polres Merauke, para bintara Polres Merauke dan asn Polri Polres Merauke, dengan Komandan Upacara Ipda Sewang dan Ipda Eko Irianto, SE.

Dalam Upacara Harkitnas ke 115 tahun Polres Merauke tersebut di laksanakan pembacaan Pancasila oleh Irup, pembacaan UUD 1945 dan pengibaran bendera Merah Putih.

Dalam amanat Plt. Menkoinfo RI yang dibacakan inspektur upacara mengatakan sudah 115 tahun yang lalu para persatuan Indonesia mulai menyala hal ini ditandai dengan pergerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908, sejak tahun itu perjuangan Republik Indonesia mulai berjuang yaitu kemerdekaan RI, memajukan nusa bangsa dan mewujudkan bangsa yang terhormat di mata dunia.

“Hingga tahun 1945 Republik Indonesia merdeka, lanjut Bangsa Indonesia terbebas dari covid-19 yang selama tiga tahun melanda Indonesia, hingga bangkit dan berkembang di segala bidang kehidupan, dengan keberhasilannya bangsa Indonesia menjadi tuan ruma G20 di bali, KTT Asean di labuan bajo,”ungkapnya.

Lanjut dikatakan, Upacara ini sebagai bentuk momentum untuk memaknai Harkitnas ke 115 ini, sebagai upaya membangun semangat kebangsaan dan menghargai perjuangan para Pahlawan Kusuma bangsa, wujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang maju di segala bidang kehidupan, demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Humas Polda Papua