Kapolres Pegunungan Bintang Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

banner 468x60

Oksibil – Kepolisian Resor Pegunungan Bintang melaksanakan Upacara Bendera Merah Puti dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023 bertempat di lapangan Mapolres Pegunungan Bintang, Kamis(1/6).

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Mohamad Dafi Bastomi, S.H., S.I.K., M.I.K yang dihadiri oleh Wakil Bupati Pegunungan Bintang Kris Bakweng Uropmabin, ST, PJU TNI/POLRI, Personel Satgas Ops Damai Cartenz 2023, Personel Polres Pegunungan Bintang serta ASN.

Dalam amanatnya, Kapolres Pegunungan Bintang membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang intinya bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus. sebagai “Bintang Penuntun” (Leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia negara yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur.

“Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki mana bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,” Ucapnya saat membacakan amanat presiden.

Lanjut dikatakan Kapolres, Pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati dir dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

“Mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote, Terus berkarya dan beraktivitas tapa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan, Semoga Indonesia menadi bangsa besar yang disegani dunia tapa kehilangan jati dirinya, Pancasila,” Terang Kapolres.

Setelah upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan, Kapolres bersama Wakil Bupati Pegunungan Bintang para PJU TNI-Polri mengikuti kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual bertempat di aula Mapolres Pegunungan Bintang.

Humas Polda Papua