Hari Anti Narkotika Internasional, Kapolres Biak Gelar Tes Urine Dadakan Terhadap Ratusan Anggotanya

banner 468x60
Biak – Dalam rangka hari Anti Narkotika Internasional, AKBP Damianus Dedy Susanto, SH, S.I.K, MH mendadak tes urine ratusan anggotanya sebagai upaya deteksi dini penyalahgunaan narkotika dan obat berbahaya (narkoba) setelah pelaksanaan apel pagi yang bertempat di Lapangan Apel Taruna Bhayangkara Polres Biak, Senin (26/03/2023).
Kapolres Biak AKBP Damianus Dedy Susanto, SH, S.I.K, MH mengatakan tes urine ini dilakukan untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polres Biak. Tes urine dilakukan secara mendadak tanpa pemberitahuan.
“Kegiatan ini sebagai bentuk dan wujud kegiatan tanpa diketahui oleh seluruh Personil dan ingin membuktikan kepada masyarakat bahwa POLRI khusus nya pada Polres Biak bebas dari Narkoba, apabila terdapat anggota yang Positif maka Polres Biak akan melaksanakan Pemeriksaan lebih lanjut kepada Personil tersebut dan akan mendapatkan sanksi,” katanya.
Dia juga menjelaskan, tes urine untuk pencegahan narkoba ini sudah menjadi agenda rutin di lingkungan Polri untuk mendeteksi secara dini keterlibatan personil dalam penyalahgunaan narkoba tersebut. Dalam pelaksanaannya, Personil Polri yang melakukan tes urine bahkan dikawal oleh personil Si Propam Polres hingga toilet.
“Kegiatan ini diharapkan menjadi shock therapy kepada seluruh Personil agar tidak macam-macam atau jangan berani menyalahgunakan Narkoba dan agar kepada seluruh Personel Polres Biak tidak menggunakan narkoba,” tegasnya.
Dari pantauan, tes urine yang dilaksanakan oleh Sat Narkoba, Si Propam serta tim kesehatan Klinik Polres Biak, dari 162 personel yang dites urine hasilnya negatif narkoba.
Humas Polda Papua