Polisi Sosialisasi Cegah Bullying Melalui Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

banner 468x60

Sentani – Dalam upaya aktif untuk mencegah dan mengatasi kasus bullying di kalangan pelajar, Polres Jayapura melalui Sat Binmas Polres Jayapura telah melaksanakan sosialisasi di Sekolah Dasar Angkasa Lanud Silas Papare dengan fokus Cegah Bullying melalui pendidikan karakter, Senin (10/7).

Program ini bertujuan untuk membekali siswa dengan nilai-nilai positif serta meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menghormati dan menghargai sesama.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Melalui Iptu Ambo Arjana, S.H, M.H selaku Kasat Binmas Polres Jayapura memberikan materi tentang bullying, termasuk definisi, jenis, dan dampaknya terhadap korban. Iptu Ambo juga mengajarkan cara mengenali tindakan bullying serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk menghentikannya. Materi yang disampaikan disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa SD agar mereka dapat dengan mudah memahami konsep tersebut.

Selain itu, program sosialisasi ini melibatkan interaksi langsung antara Petugas Polisi dan siswa. Petugas polisi mendorong siswa untuk berbagi pengalaman dan pendapat mereka tentang bullying. Diskusi yang dilakukan bertujuan untuk membangun kesadaran dan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya sikap saling menghormati, toleransi, dan empati di lingkungan sekolah.

Kapolres Jayapura AKBP Frederickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH menjelaskan bahwa program sosialisasi ini merupakan upaya nyata untuk mencegah dan menanggulangi kasus bullying di tingkat SD. Menurutnya, pendidikan karakter menjadi pondasi penting dalam membentuk sikap dan perilaku siswa sejak dini. Dengan melibatkan polisi dalam kegiatan tersebut, diharapkan siswa dapat lebih memahami dan menginternalisasi nilai-nilai positif yang dapat membantu mencegah perilaku bullying.

Respon terhadap kegiatan sosialisasi ini sangat positif dari para guru, siswa, dan orang tua. Mereka mengapresiasi langkah Polres Jayapura dalam melakukan upaya pencegahan bullying di tingkat SD. Guru-guru berharap agar program ini dapat dilanjutkan secara berkelanjutan dan melibatkan lebih banyak sekolah untuk mencakup lebih banyak siswa.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, siswa SD dapat lebih peka terhadap tindakan bullying dan memiliki kesiapan dalam menghadapinya. Polres Jayapura berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan serupa di berbagai sekolah dasar untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan bebas dari bullying.

Humas Polda Papua