Tegakkan Hukum Disiplin, Polres Yalimo Sidang 5 Anggotanya

Polres Yalimo1 Dilihat
banner 468x60

Yalimo – Wakapolres Yalimo Kompol Unding Alimuddin, S.Sos., M.M memimpin jalannya persidangan terhadap Lima anggota Polres Yalimo yang melakukan pelanggaran disiplin anggota Polri, Senin (28/08).

Sidang disiplin terhadap anggota Polri tersebut berlangsung di Aula Polre Yalimo dengan perangkat sidang terdiri dari Ketua Komisi atau Pimpinan Sidang Wakapolres Yalimo Kompol Unding Alimuddin, S.Sos., M.M, Wakil Ketua Komisi atau Wakil Pimpinan Sidang 1 Kabag SDM Iptu Made Sujana, A.Md, Wakil Pimpinan sidang 2 Kasat Binmas Iptu Matius Agian, S.H, Pendamping Terperiksa Kasat Samapta Ipda Angki V. Wally, S.H, Penuntut Kasie Propam Ipda Ferdi Bilolo.

Anggota Polres Yalimo yang menjalani sidang diantaranya Aiptu TS dan Bripda MW, dengan wujud perbuatan berupa meninggalkan tempat tugas dimaksud dalam pasal 5 huruf (a) dan padal 6 huruf (c) peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 2 Tahun 2003, tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri dengan putusan sidang terhadap Aiptu TS berupa mutasi bersifat demosi dan putusan sidang terhadap Bripda MW berupa Patsus selama 21 hari.

Berikutnya sidang disiplin terhadap Briptu KBM dengan wujud perbuatannya berupa dalam pelaksanaan tugas wajib memberikan contoh terhadap bawahan dan bertindak semena-mena kepada bahawan yakni dimaksud dalam Pasal 4 huruf (i), pasal 5 huruf (a) dan pasal 6 huruf (s) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2003, tentang Peraturan Disiplin anggota Polri. Dalam putusan sidang, dijatuhkan hukuman disiplin dengan putusan berupa teguran tertulis dan patsus selama 21 hari.

Berikutnya sidang disiplin terhadap Bripda HTM dengan wujud perbuatannya, berupa asusila yakni, dimaksud dalam Pasal 4 huruf (f) dan pasal 5 huruf (a) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor Tahun 2 Tahun 2003, tentang Peraturan Disiplin anggota Polri, putusan sidang, dijatuhkan hukuman disiplin dengan putusan berupa teguran tertulis dan patsus selama 21 hari

Pada sidang selanjutnya, yakni terhadap Bripda ERS, dengan wujud perbuatan berupa tidak menaati segala peraturan kedinasan yang berlaku dimaksud dalam Pasal 4 huruf (f) dan pasal 5 huruf (a) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2003 , tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri. Dengan putusan sidang, dijatuhkan hukuman disiplin dengan putusan berupa teguran tertulis dan patsus selama 21 hari.

Wakapolresta Yalimo dalam kesempatannya mengatakan bahwa setiap anggota Polri dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat harus memiliki sikap disiplin yang tinggi dan bertanggung jawab serta mampu menjadi contoh yang baik sebagai penegak hukum yang profesional.

‚ÄúSidang disiplin tersebut sebagai pembelajaran bagi anggota yang lain dan efek jera bagi pelanggar disiplin maka kepadanya dikenai sanksi berupa Punishment atau hukuman, demikian juga bagi anggota yang melaksanakan tugas dengan baik dan terus tingkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Polri dan dapat menjadi contoh yang baik,” tutup Wakapolres.

Humas Polda Papua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *