Wakapolda Papua Buka Latpraops Lilin Cartenz-2023

banner 468x60

Jayapura – Wakapolda Papua, Brigjen Pol Petrus Patrige Rudolf Renwarin, S.H., M.Si., membuka kegiatan Latpraops Lilin Cartenz-2023 yang diselenggarakan di Aula Rastra Samara Polda Papua Lama, Rabu (20/12/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Karo Ops Polda Papua, Kombes Pol I Ketut G. Wijatmika, S.I.K, Dirsamapta Polda Papua, Kombes Pol. Sondang Richman Daniel Siagian, S.I.K, Dirpolairud Polda Papua, Kombes Pol. Andi Anugrah, S.I.K, Dirpamobvit Polda Papua, Kombes Pol. Dede Alamsyah, S.I.K, Dirintelkam Polda Papua, Kombes Pol Wawan Setiyawan, S.I.K, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny A. Prabowo, S.H., S.I.K, Wadirlantas Polda Papua, AKBP I Made Budi Darma, S.E, Wadansat Brimob Polda Papua, AKBP Kariawan Barus, S.I.K, Kasubdit Tipidkor dan Ditreskrimsus Polda Papua, AKBP Wahyudi Satriyo Bintoro, S.H., S.I.K., M.Si.

Sambutan dari Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., yang dibacakan oleh Wakapolda Papua menggarisbawahi pentingnya latihan praoperasi ini sebagai persiapan pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Sebagai mana tema kegiatan yakni melalui latihan praoperasi kita tingkatkan kemampuan dan profesionalisme Polri dalam pengamanan Natal tahun 2023 guna memelihara keamanan dalam negeri,” ucap Wakapolda.

Wakapolda juga menggarisbawahi pentingnya pelaksanaan Latpraops Lilin Cartenz-2023 sebagai bagian dari persiapan Operasi Lilin yang akan berlangsung dari tanggal 21 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024. Dirinya juga memberikan arahan terkait protokol kesehatan dan pentingnya menjaga situasi kondusif di Papua, terutama dalam menyambut tahun baru.

“Beberapa hari lalu di Jakarta dua pasien Covid terindikasi positif dan meninggal dunia. Papua memang jauh dari Jakarta, tapi bukan berarti hal ini tidak sampai di Papua. Oleh karena itu saya berharap kepada rekan-rekan pada saat pengamanan dapat juga menerapkan kembali protokol kesehatan pada saat berada di pusat keramaian dan pusat perbelanjaan. Tentunya akan lebih baik mencegah daripada mengobati,” ujarnya.

Wakapolda menekankan agar peserta Latpraops mengambil kegiatan ini secara serius dan mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh ke lapangan. Ia juga menyoroti peran Polri dalam menjaga situasi politik di Papua, mengingat masih berlangsungnya tahapan kampanye.

“Oleh karena itu, kita sebagai anggota Polri harus memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat secara optimal pada saat ibadah Natal dan tahun baru maupun perayaannya, jangan sampai ada riak-riak politik pada saat perayaan Nataru ini,” ucap Kapolda.

Dengan penekanan pada pengamanan ibadah Natal dan perayaan Tahun Baru, Wakapolda Papua secara resmi membuka Latpraops Lilin Cartenz-2023. Wakapolda juga menegaskan bahwa latihan ini bukanlah seremonial semata, tetapi sebuah langkah konkret untuk mempersiapkan personel dalam menghadapi situasi yang mungkin timbul selama Operasi Lilin.

“Dengan harapan keselamatan dan keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, para peserta Latpraops Lilin Cartenz-2023 diharapkan dapat memberikan kontribusi maksimal dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Natal dan Tahun Baru di Papua,” ujar Wakapolda.

Latpraops Lilin Cartenz-2023 Polda Papua yang dibuka oleh Wakapolda Papua Brigjen. Pol. Petrus Patrige Rudolf Renwarin, S.H., M.Si bertujuan untuk menyamakan pola pikir dan pola tindak bagi personel Polri yang bertugas dilapangan serta untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel Polri dalam pengamanan Nataru sehingga bisa memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat secara optimal.

Jumlah peserta kegiatan Latpraops Lilin Cartenz-2023 sebanyak 150 peserta. Adapun narasumber kegiatan antara lain Karoops Polda Papua, Wadirlantas Polda Papua, Dirintelkam Polda Papua dan Dirpamobvit Polda Papua.

Humas Polda Papua