Polres Jayapura Siapkan Langkah Antisipatif Jelang Pemilu, Pasukan Dalmas Kerahkan Patroli Motor

banner 468x60

Sentani – Polres Jayapura gencar melakukan upaya pencegahan gangguan kamtibmas menjelang Pemilihan Umum (Pemilu). Langkah antisipatif ini diambil guna memastikan situasi wilayah hukum Kabupaten Jayapura tetap aman dan kondusif selama proses demokrasi berlangsung. Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (29/12).

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, S.I.K, M.H, memerintahkan peningkatan patroli motor oleh Pasukan Dalmas sebagai langkah konkrit dalam menekan angka kriminalitas. “Peningkatan patroli ini difokuskan pada titik-titik strategis, termasuk Pos Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Gudang Logistik KPU, serta area-area yang menjadi titik rawan gangguan kamtibmas”.

Kasat Samapta Iptu Sukardi S.Sos mendapatkan tanggung jawab langsung dari Kapolres untuk memimpin dan melaksanakan kegiatan ini. Patroli motor yang diterjunkan bertujuan memberikan rasa aman kepada masyarakat sekaligus mendeteksi potensi ancaman terhadap pelaksanaan Pemilu.

“Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama proses Pemilu berlangsung. Pasukan Dalmas yang dikerahkan akan terus berpatroli di titik-titik strategis guna mencegah potensi gangguan kamtibmas,” kata Iptu Sukardi.

Selain patroli motor, Polres Jayapura juga intensif melakukan pengamanan terhadap Pos Kantor KPU, Kantor Bawaslu, Gudang Logistik KPU, dan melaksanakan patroli terhadap Alat Peraga Kampanye (APK) di wilayah hukumnya. Langkah ini diharapkan dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa Pemilu berlangsung dengan transparan, adil, dan aman.

Hingga saat ini, situasi wilayah hukum Kabupaten Jayapura terpantau aman dan kondusif. Polres Jayapura terus berkoordinasi dengan instansi terkait serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang dan selama pelaksanaan Pemilu.

Humas Polda Papua