Situasi Aman, Kapolda Papua Laporkan Kesuksesan Pengamanan Malam Tahun Baru

Tak Berkategori13 Dilihat
banner 468x60

Jayapura – Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., bersama Forkopimda Provinsi Papua dan Pejabat Utama Polda Papua, turut serta dalam Zoom Meeting Pemantauan Sitkamtibmas Malam Pergantian Tahun Baru 2024 pada Minggu (31/12). Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dan melibatkan sejumlah pejabat tinggi di tingkat nasional.

Dari Halaman GOR Cenderawasih Jayapura, Kapolda Papua melaporkan situasi keamanan terkini, menyatakan bahwa masyarakat dapat merayakan Tahun Baru 2024 dengan aman dan nyaman.

Ia mengakui adanya tantangan pascakejadian meninggalnya Bapak Lukas Enembe pada 26 Desember 2023, namun berkat koordinasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh gereja, segala prosesi, mulai dari persemayaman hingga pemakaman, dapat diawasi dengan baik.

“Meski terjadi insiden kecil berupa kebakaran ruko dan bangunan Denkesyah Korem 172/PWY, Kapolda Papua menyampaikan bahwa situasi tersebut telah ditangani, dan rencana ganti rugi akan dilakukan oleh Pemprov Papua. Pemakaman Bapak Lukas Enembe telah selesai, dan pelayat serta keluarga duka meninggalkan Kediaman Koya Tengah dengan tertib,” jelasnya.

Terkait Ops Lilin Cartenz-2023, melibatkan 4.402 personel gabungan TNI-Polri dan instansi terkait, telah dijalankan dengan pengamanan di 105 pospam, posyan, dan pos terpadu.

“Fokus pengamanan juga diberikan pada gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandara, dan terminal. Titik keramaian di Kota Jayapura ditetapkan di Jembatan Merah dan Holtekam, dengan penutupan tempat hiburan malam dan penjualan minuman keras untuk mengurangi angka kriminalitas,” ujar Kapolda.

Dalam sesi Zoom Meeting, Kapolri menambahkan permintaan kepada Kapolda Papua untuk mengatasi provokasi-provokasi yang mungkin muncul dan memastikan kesiapan pasukan TNI-Polri serta unsur terkait. Beliau juga menekankan pentingnya sistem buddy dan kelancaran sarana prasarana.

Dengan harapan bahwa perayaan Tahun Baru berjalan aman, Kapolri mengingatkan untuk terus berupaya meningkatkan keamanan dan kesejahteraan bersama. Seluruh pimpinan daerah diharapkan dapat memastikan tahun 2024 menjadi tahun yang lebih baik untuk semua.

Humas Polda Papua