Komitmen Polres Jayapura: Gelar Colo Sagu “Melek Literasi Pemilu Damai 2024”

banner 468x60

Jayapura – Melalui Colo Sagu Polres Jayapura melaksanakan kegiatan Melek Literasi – Pemilu Damai 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya berpartisipasi dalam pemilihan umum secara damai dan bertanggung jawab, Kamis (10/1).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Iptu Yonias Purwanto Kasat Binmas Polres Jayapura, Iptu I Made Ambo Arjan, SH., MH (Narasumber), Daniel Mebri , SH ( Ketua KPU Kab. Jayapura), Dolat Abisay, S.Sos., M.SI ( Kadistrik Depapre ), Septinus Yarisitouw ( Ondoafi Kampung Waiya ), Welem Samonsabra ( Ondoafi Kampung Maribu ), Charles Wapumilena ( KPK Yepase ), Masyarakat Kampung Waiya Distrik Depapre dan Para PJU Polres Jayapura.

Kegiatan ini diadakan sebagai respon atas meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya memberikan suara mereka dalam pemilihan umum, namun juga ditemukan banyaknya kebingungan dan ketidakpahaman mengenai proses pemilu itu sendiri.

Dalam kegiatan Melek Literasi – Pemilu Damai 2024 ini, Polres Jayapura bekerja sama dengan berbagai institusi dan organisasi masyarakat, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Serta para Tokoh Agama dan Masyarakat. Kegiatan ini akan melibatkan sejumlah sekolah dan juga masyarakat umum.

Selanjutnya Para peserta mendapatkan materi dan diskusi tentang berbagai aspek pemilu yang penting untuk dipahami, seperti proses pemilihan, peran masyarakat, dan tanggung jawab dalam melakukan pemilihan yang benar dan aman. Selain itu, juga diberikan pemahaman tentang pentingnya menghindari berita palsu atau hoax serta pentingnya menghormati perbedaan pendapat agar tercipta pemilu yang damai dan berkualitas.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A. Maclarimboen, S.IK., MH, yang diwakili Iptu Yonias Purwanto menyampaikan harapannya agar masyarakat Jayapura menjadi lebih melek literasi dan mampu menyaring informasi yang diterima terkait pemilu. Beliau juga mengajak seluruh peserta untuk berperan aktif dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat lainnya dan secara bersama-sama menjaga pemilu yang damai pada tanggal 14 Februari 2024 nanti.

Sementara itu, Kepala Distrik Depapre, Dolat Abisay, S.Sos., MM atas nama warga dan perangkat Distrik Depapre mengucapkan terima kasih kepada pihak Polres Jayapura.

Menurutnya, dengan kegiatan colo sagu warga bisa secara langsung mengetahui dan menyampaikan hal yang menjadi keinginan atau harapan mereka menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024.

“Untuk itu, sekali lagi mewakili masyarakat Depapre kami berterima kasih dan bersyukur, karena Polres Jayapura bisa memprakarsai acara yang sangat penting untuk menambah wawasan masyarakat,” ucapnya.

Dolat memandang, Colo Sagu dengan tema ‘Melek Literasi menuju Pemilu Damai 2024’ sangat dibutuhkan oleh seluruh kalangan masyarakat baik orang tua, pemuda dan anak-anak remaja.

Diharapkan melalui kegiatan Melek Literasi – Pemilu Damai ini, masyarakat Jayapura dapat memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang pentingnya pemilu yang aman dan damai. Dengan adanya literasi yang baik, Masyarakat dapat membuat keputusan yang bijak dan bertanggung jawab dalam pemilihan nanti serta secara bersama menciptakan pemilihan yang damai dan bersih dari segala bentuk pelanggaran.

Humas Polda Papua