Jayapura – Dalam Rangka mempersiapkan Penyelenggaraan PON XX tahun 2020 yang akan berlangsung di Papua, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Pulus Waterpauw menghadiri rapat koordinasi (Rakor) dan Chef de Mission (CDM) Meeting – I Koni Se- Indonesia, bertempat di Hotel Suni Garden Lake Sentani Distrik Sentani Kabupaten Jayapura, Kamis (13/02).

Mengangkat tema “Papua Siap Menyukseskan PON XX Tahun 2020″, kegiatan tersebut di dipimpin langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dr. H. Zainudin Amali, M. Si, dan di hadiri oleh Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Wakil Ketua I Koni Pusat Mayjen TNI (Purn) Dr. Suwarno, S.IP., M. sc, Wakil Ketua II Koni Pusat/Dirjen Polpum Kemendagri Mayjen TNI (Purn) Soedarmo, Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Danlantamal X Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, Asintel Kasdam XVII / Cendrawasih Kolonel Inf Juinta Omboh Sembiring, Dandim 1701/Jayapura Jerry Harapan Tua Simatupang, Dansatpom Lanud Silas Papare Letkol Pom Tatiet Rozadi, Kasibinjas Dispers Lanud Silas Papare Letkol Kes Alwi, Sekda Pemerintahan Provinsi Papua Titus Emanuel Adopehan Hery Dosinaen, S. IP., M. KP, Ketua Harian Panitia Besar PON XX Papua Dr. Yunus Wonda, SH. MH. , Walikota Jayapura/Ketua Sub PB PON XX 2020 Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, Wakil Bupati Merauke Drs. Waryoto M.Si, Kepala Bank Indonesia Kanwil Papua Naek Tigor Sinaga , Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Raden Isnanta, Staf Khusus Bidang Pengembangan & Prestasi Olahraga Mahfudin Nigara, Sekjen Perbakin Firtian Judiswandarta, Staf Khusus Pemuda Kemepora Venno Tetelepta, Deputi 2 Kantor Staf Presiden Abetnego Tarigan, Serta perwakilan Kontingen KONI Provinsi se-Indonesia.

Pada kesempatannya, Ketua Panitia Longginus Sangur, S. Sos menyampaikan paparan terkait pelaksanaan CDM 1 PON 2020 tanggal 13 – 15 Februari 2020, menurut keputusan Menteri olahraga Indonesia Nomor 10 bulan 1 2020.

“Maksud dan tujuan CDM satu ini merupakan menginformasikan kepada seluruh kondisi Indonesia terkait dengan kesiapan Provinsi Papua Dalam kesiapan Pon 20 tahun 2020 yang mencakup waktu dan tempat penyelenggaraan Pon 2020, Jadwal dan hasil pertandingan cabang olahraga tahapan, serta mekanisme penyelenggaraan serta penyediaan akomodasi dan sistem pelayanan kebijakan pelayanan dan pengaturan konsumsi kesehatan dan perlindungan jiwa. Prasarana dan sarana olahraga dan dukungan lainnya yang dianggap perlu terkait Pengenalan tema dan logo PON 2020. 273 atau 90% dari jumlah peserta yang sudah terdaftar dan akan terlibat. Sumber dana berasal dari pemerintah provinsi Papua dan pb Pon 20 tahun 2020 yang merupakan dana hibah,” tuturnya.

Gubernur yang diwakili Sekda Pemerintah Provinsi Papua menyampaikan sikap Optimismenya akan penyelegaraan PON XX tahun 2020 di Papua. “Sejarah akan terpatri tentunya bagi kami Tanah Papua di tahun 2020 ini, bentuk kepemimpinan Lukas enembe merupakan salah satu perjuangan bagaimana menghadirkan di Provinsi Timur negeri ini, banyak yang bertanya apakah bisa pelaksanaannya di Provinsi Papua. Pendapat bahwa materi dan seluruh yang mendukung PON bisa dilaksanakan di Papua,” tegasnya.

Dirinya mengajak seluruh komponen untuk bersatu bergandengan tangan menyukseskan PON XX 2020 Papua dalam bingkai NKRI. “Kami menyampaikan terimakasih atas kerja keras dan ide yang cerdas untuk menyelenggarakan PON XX 2020 Papua ini. Kami berterimakasih juga kepada Kabinet Indonesia yang selalu memperhatikan Papua sehingga PON XX Tahun 2020 dapat diselenggarakan di Papua. Mari kita seluruh aparatur Negara dan seluruh masyarakat Papua menjaga pelaksanaan PON XX 2020 ini,” tambahnya.

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman juga mengucapkan terimakasih kepada panitia yang telah terlibat dalam perelatan akbar PON XX 2020 di tanah Papua. Dirinya juga berharap untuk pelaksanaannya di lapangan jika terdapat kendala dapat menanyakannya kepada KONI Pusat. Terkait masalah keamanan, dirinya menyebut bahwa dua putra terbaik Papua yakni Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Pulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Herman Asaribab yang bertanggung jawab terhadap keamanan di wilayah Papua.

Pangdam XVII/Cenderawasih yang hadir pada saat itu juga menyampaikan bahwa TNI dan Polri mendukung penuh perelatan PON XX 2020 dari segi keamanan. “Pada lagu Mars olahraga saya mencuplik lirik pada saat “Patriot Olahraga” mari kita menjadi Patriot Olahraga untuk memajukan Papua melalui momentum ini. Mari kita satukan pendapat untuk mensukseskan PON XX 2020,” ucapnya.

Tidak lupa, Kapolda Papua menegaskan telah menyiapkan 5000 personel untuk mengamankan kedua event besar di tanah Papua yakni, Perelatan PON XX tahun 2020 dan Pemilihan Bupati di 11 Kabupaten yang ada di Provinsi Papua.

“Kita (Polri) fokus dalam pengamanan PON Tahun 2020 dan penyelenggaraan pemilihan Bupati di 11 Kabupaten, tentunya dengan upaya maksimal yang telah dilakukan,” tegas Kapolda.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dr. H. Zainudin Amali, M. Si sangat Optimis Bahwa seluruh Stake Holder yang hadir mampu memegang amanah besar dalam mengembangkan potensi olahraga di Papua.

“Besar tujuan, usai terselenggarannya agenda besar ini dapat menjalin persahabatan dan silaturahmi agar dapat mengembangkan potensi hingga ke kanca Internasional. Saat ini kita sedang memasuki refisi Undang undang terkait olahraga. Saya harap bapak ibu semua untuk dapat memberikan saran untuk menyempurnakan Undang Undang Olahraga ini. Arahan dari Presiden kita harus siap menjadi Olimpiade Dunia pada tahun 2032. Maka anak anak kita yang saat ini berumur 10 tahun dapat menjadi atlit atlit Olimpiade dunia mendatang,” tutup Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dr. H. Zainudin Amali, M. Si.

(Humy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here