Tribratanews.papua.polri.go.id, Jayapura – Panglima TNI dan Kapolri menghadiri Deklarasi Kesepakatan bersama dalam rangka menjaga Papua Tanah Damai di Ball Room Cenderawasih Swiss Bell Hotel Jayapura Kamis (5/9/2019).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe S.IP, MH didampingi Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Prof. DR. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP, Ketua DPR Papua Yunus Wonda, SH, MH dan Ketua MRP Timotius Murib serta diikuti  kurang lebih 150 orang.

Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe S.IP, MH salam sambutannya mengatakan, akan memberi jaminan keamanan kepada seluruh Masyarakat Indonesia untuk hidup di Tanah Papua dan dirinya mengharapkan untuk kedepannya tidak ada lagi permasalahan seperti ini kemarin serta meminta untuk tidak ada lagi yang namanya Paguyuban Nusantara yang ada adalah Masyarakat Indonesia yang ada di Tanah Papua ini.

“Mari kita berkomitmen untuk hidup bersama-sama berdampingan satu dengan yang lain hidup damai bersama di Tanah Papua ini, tanpa ada perbedaan satu sama lain. Sebagai Masyarakat anda mempunyai hak untuk hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai dan kita banggakan, untuk itu kita semua harus sepakat menjaga Tanah Papua,”kata Gubernur Papua.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Prof. DR. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D menyampaikan, Beberapa waktu yang lalu dirinya sangat tersentak dengan adanya kejadian kemarin, padahal dalam benaknya Kota Jayapura tidak pernah terpikirkan bisa seperti kejadian kemarin. Dengan kejadian yang dialami kemarin banyak terdapat perusakan maupun pembakaran, hingga melumpuhkan Kota Jayapura. Kapolri bersama Panglima TNI merasa terpanggil untuk datang langsung kesini guna memberikan rasa aman bagi Masyarakat Papua.

“Kejadian ini sudah menjadi tugas Pokok Aparat TNI-Polri dan Saya dengan Panglima TNI terpanggil untuk datang ke papua untuk memimpin langsung kondisi stabilitas keamanan di Provinsi Papua. Saya tidak ingin kejadian kemarin bisa berpotensi meluas, maka kami datang langsung ke Tanah Papua untuk mengambil langkah -langkah dapat mengendalikan situasi, agar masyarakat dapat merasakan jaminan keamanan dan tindakan hukum bagi yang berbuat,” kata Kapolri.

Selaku Pimpinan Kepolisian, lanjut Kapolri, dirinya mengajak untuk sama-sama menjaga keamanan di Tanah Papua ini, program Gubernur dan Bupati agar bisa tercapai dan Papua bisa maju, mari jaga bersama Tanah Papua ini agar damai. Kepolisian akan melakukan penegakan Hukum sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku di Negara ini dan Kapolri sudah melakukan Video Conference bersama seluruh Kapolda Se-Indonesia agar menjaga Mahasiswa di seluruh Indonesia dapat mendapatkan porsi yang sama dengan mahasiswa pada umumnya.

“Saya berpesan kepada kita semua agar kita saling memahami satu sama lain dan saling menghargai perbedaan Suku, Ras dan Agama. Mari kita jaga Tanah Papua ini jangan sampai terjadi konflik karena Tanah Papua merupakan tanah yang diberkati oleh Tuhan,” pungkas Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP menyampaikan, Sebentar lagi akan dilaksanakan deklarasi yang merupakan kesepakatan bersama, Panglima mengingatkan kepada para hadirin, di Negara Indonesia terdapat berbagai macam keanekaragaman Suku, Ras dan Agama dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika yang membuat semua menjadi satu kekuatan sehingga Negeri yang tercinta ini dapat terjaga keamanan dan keutuhan.

“Tadi siang saya melaksanakan tour berlayar sampai dengan Teluk Jayapura, ternyata Papua ini merupakan pulau yang sangat indah dan tadi kita semua menikmati keindahan lautnya. Kita harus memajukan Sumber Daya Manusia kemudian kita mengelolah Sumber Daya Alam yang kita miliki sehingga kita bisa mencapai peringkat dunia, tetapi semua itu tanpa adanya Keamanan semua itu tidak akan terwujud,” tutur Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi Papua Tanah Damai oleh Ketua MRP Timotius Murib dan diikuti oleh seluruh para peserta yang hadir dan penandatanganan Deklarasi Kesepakatan bersama dalam rangka menjaga Papua Tanah Damai oleh Seluruh peserta dan tamu yang hadir dalam kegiatan tersbut.

Adapun isi Deklarasi adalah sebagai beritkut:

DEKLARASI KESEPAKATAN BERSAMA

Kami warga Negara Kesatuan Republik Indonesia di Tanah Papua dengan beragam suku, bahasa, agama dan adat istiadat bersepakat menyatakan:

  1. Menjaga Persatuan dan Kesatuan di Tanah Papua;
  2. Hidup berdampingan rukun damai dengan penuh kasih sayang;
  3. Sepakat tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak benar;
  4. Sepakat menolak kelompok Separatisme dan Radikal di Tanah Papua.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri komjen Pol. Condro kirono, Asisten Operasi Kapolri Irjen pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si., Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Mohammad Iqbal, Karodalops Mabes Polri Brigjen Pol Kus Hariyanto, Wadan Korps Brimob Brigjen Pol Abdul Rahman Baso, Wakil Lemdiklat Polri Dr. Drs. Boy Rafli Amar, MH., Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI Yhosua Pandit Simbiring, S.IP., Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Rudolf Albert Rodja, Pangdam XII Tanjung Pura Mayjen TNI Herman Asaribab, Dan Lanud Silas Papare Marsma TNI Ir. H. Tri Bowo Budi Santoso, MM, MTr.

Hadir juga Dan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI Mar. Nurri Andrianis Djatmika, Karowassidik Bareskrim Polri Brigjen Pol. Roycke Harry Langie, S.IK, MH, Kabinda Papua Brigjend TNI ABD. Haris Napoleon, Waka Polda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki, Kasdam XVII Cenderawasih Brigjen Tni Irham Waroihan, Danrem 172/PWY Kolonel Inf. Jonathan Binsar B. Sianipar, Asintel Kasdam XVII Cenderawasih Kolonel Inf. Juinta Omboh Sembiring, SH, SE.

Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekda Provinsi Papua T.E.A Herry Dosinaen, S.IP, M.KP. Walikota Jayapura DR. DRS. Benhur Tomi Mano, MM., Bupati Kabupaten Merauke Frederikus Gebze, M.Si., Ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kossay, S.S, M.Hum., Ketua Bawaslu Provinsi Papua Metusalak Ifandi, SH., Ketua PGGP di Tanah Papua Pdt. MPA. Mauri, S.Th., Ketua LMA Port Numbay George Awi., Ketua KNPI Provinsi Papua Albertho Goncalves Wanimbo, S.IP., Ketua PBNU Provinsi Papua DR. H. Tonny Wanggai, MA., Ketua Dewan Majelis Muslim Papua Thaha Al Hamid., Kepala Komnas HAM RI Perwakilan Papua Frits Ramandey., Ketua Umum Dewan Nasional Gerakan Rakyat Cinta NKRI (Gercin) Hendrik Yance Udam., Sekjen Pemuda Adat Papua Jan Christian Arebo, SH, MH.

 

(hum/re)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here