Polda Papua – Bertempat di Aula Rupatama Polda Papua, telah dilaksanakan hari ke 2 kegiatan Rakernis Bidang Humas Polda Papua Strategi Manajemen Media Humas Polri dalam rangka Pengamanan Pilkada serentak dan PON XX Tahun 2020 di Papua, Rabu (22/01/2020) pukul 08.30 Wit.

Kegiatan diawali dengan penyampain dari beberapa narasumber diantaranya, Kegiatan Materi pertama disampaikan oleh Andriani Salman Wally S.ST menyampaikan KIP (peran KIP dalam kehumasan pelayanan informasi publik).

Materi kedua disampaikan oleh Rianti S.E menyapaikan Peran Kominfo dalam mengendalikan Informasi  di Media Sosial. Materi ke 3 di sampaikan oleh Robert Vanwi Subiyat pentingnya Jurnalis menulis fakta di Papua.

Materi ke 4 disampaikan oleh Muhammad Arif Tulank Sikom dari komunitas Loor fotografi Jayapura yaitu dasar dasar fotografi. Materi 5 di sampaikan oleh Bapak Lucky Ireeuw pimpinan redaksi SKH (surat kabar harian) Cenderawasih pos.

Selanjutnya Penyampaian dari Irwasda Polda Papua Kombes Pol Drs. Mulyadi Kaharni mengatakan peran Humas sekarang tidak boleh dianggap enteng, sudah bukan peran pendukung, Humas sekarang telah berperan penting dalam kemajuan institusi kepolisian , Humas telah bekerja menaikkan citra polri dalam dunia maya dalam pembuatan meme berita, dokumentasi dan video di zaman Era Modern ini.

“Setiap kegiatan harap di muat berita dan dokumentasi agar dilaporkan ke pimpinan untuk bahan laporan sebagai tugas kita sebagai anggota polisi yaitu melindungi mengayomi dan melayani,” kata Irwasda Polda Papua.

Selanjutnya Penyampaian dari Subbid Penmas yang disampaikan oleh Bripka Syamsuddin Lie adalah bagaimana kinerja Subbid Penmas Polda Papua setiap harinya dari membuat laporan, release dan rekapan masing-masing laporan yang akan di sajikan ke pimpinan.

Penyampaian dan pembulatan dari Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal yang menyampaikan Strategi menajemen media pada tingkat polres dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri, peran Humas sekarang adalah peran utama bukan peran pendukung lagi di harapkan kepada PPID Polres jajaran untuk lebih aktif terlibat dalam berbagai kegiatan yang dilakukan Polres untuk di laporkan ke pimpinan dan diolah serta publikasikan produk tersebut, jika mengalami kendala Bid Humas Polda Papua siap untuk membantu.

Untuk diketahui bahwa kegiatan Rakernis Bidang Humas T.A 2020 dibuka oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw kemarin hari Selasa tanggal 21 Januari 2020. Dalam sambutannya Kapolda Papua mengatakan yang pada intinya, Rakernis Bidang Humas Polda Papua Ta. 2020 mengambil tema ”Strategi Manajamen Media Humas Polri Dalam Pengamanan Pilkada Serentak Dan Pon Ke-20 Tahun 2020 Di Papua”.

“Kegiatan rakernis ini sangatlah penting, mengingat harapan masyarakat kepada Kepolisian menjadi semakin tinggi, khususnya jajaran Humas Polri dalam menyajikan informasi yang akurat, oleh karena itu Humas Polri sebagai pengemban tugas untuk membina dan menyelenggarakan fungsi hubungan masyarakat dilingkungan Polri harus mengikuti kebijakan tersebut dengan melakukan berbagai strategi Humas Polri, terutama untuk menghadapi perkembangan teknologi informasi baik di dunia maya maupun kecepatan pemberitaan melalui dunia mainstream, hal ini pasti berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap perkembangan Kamtibmas,” ” ujar Kabid Humas Polda Papua.

Kabid Humas juga mengatakan dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat, Humas Polda Papua memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan manajemen media, dengan action plan.

“Action plan itu antara lain, peningkatan pemberdayaan terhadap media mainstream, mengelola media sosial, penggunaan intelijen media, mengangkat keberhasilan Polri, menekan berita negatif terhadap Polri, merespon dengan cepat dan segera netralisir sentimen negatif, serta mengelola trending topic,” tutup Kombes Pol Drs. Ahmad mustofa Kamal.

Penulis/Publis: Arya

Editor: Marthen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here