Tribratanews.papua.polri.go.id, Biak – Pancasila merupakan Dasar Negara Indonesia yang dibangun dengan rumpun budaya dan kearifan lokal yang harus diperjuangkan, demi membangun karakter bangsa. Sayangnya nilai-nilai pancasila kini mulai luntur termakan perkembangan teknologi dan media daring.

Berbagai upaya telah ditempuh untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Pancasila terutama pada anak usia dini. Seperti yang dilakukan Kanit Binmas Polsek Kepulauan Padaido Bripka Andarias Simbiak yang mengunjungi SD YPK Betlhem Undi Distrik Padaido dan menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa-siswi di sekolah tersebut, Senin (14/10/2019).

Kepulauan Undi sendiri adalah salah satu wilayah terpencil di Distrik Padaido dan merupakan daerah kepulauan terluar.

Dalam kesempatan tersebut Bripka Andarias memberikan materi tentang dasar-dasar Pancasila serta memotivasi anak-anak agar rajin belajar sehingga cita-cita yang diinginkan dapat terwujud.

“Pancasila itu dasar negara, ini harga mati dan harus ditularkan kepada generasi muda terutama pada anak usia dini agar berjiwa Pancasila dan NKRI,” kata Bripka Andarias.

Lebih lanjut Bripka Andarias menjelaskan, memaknai Pancasila itu kebutuhan penting untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan semangat bela negara dalam bingkai NKRI.

“Selama ini, kami melihat pendidikan Pancasila di lembaga pendidikan sudah mulai tergerus, maka ini perlu ditekankan lagi untuk menciptakan generasi muda yang cinta NKRI,” ujar Bripka Andarias.

Menurut Bripka Andarias, masyarakat di Kabupaten Biak Numfor selama ini sudah menjunjung tinggi toleransi hidup beragama sehingga masyarakat sudah mampu memaknai kebhinekaan.

“Maka ke depan hanya perlu merawat, menjaga dan menanamkan rasa kekeluargaan, kebersamaan, persatuan, dan kesatuan sebagai anak bangsa,” tutur Bripka Andarias.

(hum/re)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here