Tribratanews.papua.polri.go.id, Jayapura – Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki membuka Acara Pembekalan Dan Pelatihan Keterampilan Bagi Anggota Polri dan PNS Polda Papua Yang Akan Memasuki Masa Pensiun T.A 2019 di Hotel Aston Jayapura, Senin (14/10/2019).

Dalam sambutannya Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki menyampaikan, tema kegiatan pembekalan dan pelatihan ini adalah “Pensiun Siap Bahagia”. Siap adalah merupakan singkatan dari S: Sehat, I: Ikhlas, A: Aktivitasnya bermanfaat dan P: Produktif.

“Pada saat pensiun seseorang akan mengalami perubahan besar yaitu hilangnya penghasilan yang dapat membuat rasa cemas menghadapi masa-masa mendatang. Hilangnya pekerjaan membuat yang bersangkutan merasa tidak berguna dan mengalami stres, membuat yang bersangkutan merasa lumpuh dan mengalami Post Power Syndrome yang mengakibatkan kehilangan kenyamanan. Oleh karena itu lakukan persiapan sebelum memasuki usia pensiun adalah langkah yang baik dalam rangka menghadapi situasi kehidupan yang baru tersebut,” kata Brigjen Pol Yakobus Marjuki.

Oleh karena itu, lanjut Wakapolda, dirinya sangat menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini dan diharapkan program ini merupakan wujud perhatian institusi Polri kepada personelnya dengan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang sangat aplikatif sebelum mengakhiri masa pengabdiannya dan memulai Langkah Baru dalam berkarya di tengah-tengah masyarakat, mencegah terjadinya akses negatif yang dapat terjadi dalam menghadapi masa pensiun.

“Pada kegiatan ini para peserta akan mendapatkan pembekalan dari berbagai narasumber, yaitu pembakaran dari motivator PT Asabri Jayapura, Bank BTPN Jayapura dan bagian Psikologi Biro SDM Polda Papua. Saya harapkan pembekalan ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kesiapan kondisi mental spiritual dan kondisi psikologis anggota Polri dan PNS Polda Papua yang akan menghadapi masa pensiun dan dapat beradaptasi dengan situasi tersebut,” tutur Brigjen Pol Yakobus Marjuki.

Wakapolda juga menyampaikan terima kasih kepada para narasumber atas kesediaannya memberikan materi pembekalan dan pelatihan yang mana dapat menjadi modal pengetahuan bagi para peserta untuk terus dikembangkan dengan inovasi yang dimilikinya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian Materi Narasumber dari Bank BPTN Jayapura, dalam hal ini disampaikan oleh Ibu Donna Alfrida selaku Customer Experience Implementation Manager dan Bapak kecuk Arya selaku Area Bisnis Leader. Materi yang disampaikan dengan tema “Pensiun Siap Bahagia” yang pada intinya mengenai hal-hal yang perlu dilakukan sebelum memasuki masa pensiun dan setelah memasuki masa pensiun.

Setelah masa pensiun para peserta diharapkan bisa meulai kehidupan baru dan bisa menjadi pelopor keamanan serta mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas di lingkungan bermasyarakat. Para peserta harus bisa mengatur pengeluaran agar bisa mencukupi kebutuhan, terutama yang anaknya masih menempuh pendidikan.

Diharapkan para peserta tidak perlu berputus asa karena pensiun dari Institusi Polri, karena bisa jadi kesuksesan yang lebih besar bisa didapatkan setelah pensiun nanti. Selain itu ketika pensiun nanti para peserta lebih bisa mendekatkan diri dan meluangkan waktu bersama keluarga.

Jika para peserta tertarik untuk membuka usaha di bidang Swasta dan membutuhakn modal, dari pihak Bank BPTN Jayapura juga sudah ada program khusus yang diberikan. Program tersebut diharapkan bisa membantu dan bisa meraih kesuksesan setelah pensiun serta membuat para peserta bisa nyaman dalam menjalani masa pensiaunnya.

(hum/re)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here