Tribratanews.papua.polri.go.id, Polres Kep. Yapen, Serui – Gabungan Personel Polres Kep. Yapen dan Kodim 1709 Yawa, amankan Orasi solidaritas masyarakat Yapen anti Rasisme di Lapangan Alun-alun Serui Kab. Kep. Yapen, Selasa (20/08/2019) Siang.

Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Penri Erison, S. Pd, MM Memimpin personil dalam melaksanakan pengamanan orasi solidaritas masyarakat, agar tetap berjalan dengan aman dan kondusif.

Orasi yang dilakukan bertujuan mengumpulkan suara untuk mendukung mahasiswa Papua yang berada di daerah Jawa Timur, sehingga massa menuntut agar pemerintah daerah memberikan dukungan terhadap masyarakat Papua yang berada diluar Papua serta menindak lanjuti permasalahan tersebut sesuai Undang-undang yang berlaku di Negara Indonesia.

Kapolres Kep. Yapen juga menyampaikan bahwa “Solidaritas terhadap apa yang terjadi pada Mahasiswa di Surabaya dan Malang boleh saja di lakukan, tetapi kepada masyarakat agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan aman dan damai serta mari kita jaga keamanan dan ketertiban di kota Serui ini bersama,” himbau Kapolres.

“Tadi sebelum pelaksanaan orasi dimulai, kegiatan diawali dengan Doa, dimana yang saya salutkan di Kab. Kep. Yapen ini setiap ada kegiatan selalu mengedepankan Tuhan dengan dilakukan Doa terlebih dahulu. Semoga dengan Doa tersebut selama kegiatan berjalan kita semua dalam lindungan Tuhan” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Kab. Kep. Yapen, Dandim 1709 Yawa, Ketua FKUB, Ketua Dewan Adat Yapen dan lintas suku pribumi dan pendatang serta masyarakat Kab. Kep. Yapen.

Selanjutnya para demonstran melanjutkan kegiatan dengan berjalan kaki dengan rute Jln. Moh. Yamin, Jln. Diponegoro, Pasar Inpres, Jln. Ahmad Yani dan kembali ke Lapangan Alun-alun trikora Serui.

Masa yang terlibat dalam orasi tersebut berjumlah kurang lebih 300 orang dan pada pukul 13.30 wit seluruh kegiatan orasi selesai dan diakhiri dengan saling berjabat tangan antara satu dengan lainnya.

Penulis : Ikbal

Editor : Rey
Publish : Ren

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here