Serui- Polres Kepulauan Yapen Laksanakan Pengamanan Demo Penyampaian Aspirasi Tuntutan Ganti Rugi Hak Ulayat  keluarga Tanawani di Kantor PT. Pertamina Serui, Kamis (13/02/2020) Pagi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Ketua DPRD Kab. Kep. Yapen beserta anggota, Yang mewakili Bupati Kab. Kep. Yapen, Kapolres Kep. Yapen, Dandim 1709 Yawa, Pihak Perwakilan dari PT. Pertamina, serta Majelis Rakyat Papua.

Sebanyak 50 personel Polres yapen yang di backup 10 personel Kodim 1709 diturunkan dalam pengamanan aspirasi

Adapun personel yang dilibatkan dalam Pengamanan Demo Penyampaian Aspirasi Tuntutan Ganti Rugi Hak Ulayat keluarga Tanawani di Kantor PT. Pertamina Serui sebanyak 50 personil Polres Kep. Yapen dan di tambah 10 personil Kodim 1709.

Kapolres Kep. Yapen yang diwakili Kabag Ops Polres Kep. Yapen AKP muchsit Sefian, S.IK Dalam arahannya saat apel kesiapan pengamanan di sampaikan kepada personil yang melaksanakan PAM agar tetap menjaga keselamatan diri dan menjaga satu sama lainnya pada saat di TKP dan tidak melakukan tindakan yang berlebihan bila ada terjadi chaos terhadap masa serta tetap kompak dalam pelaksanaan pengamanan agar hal-hal yang tidak diinginkan dalam pengamanan tidak terjadi dan dalam menghadapi massa agar tetap humanis .

Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Kariawan Barus, S.H., S.I.K., M.H, menyampaikan bahwa  “Menghimbau kepada massa agar dalam penyampaian aspirasi dilakukan di depan kantor PT. Pertamina dengan tertib dan aman serta tidak mengganggu aktivitas jalannya kegiatan dari PT. Pertamina”.

“Silakan Bapak Ibu yang hadir disini menyampaikan aspirasi biar diakomodir pihak PT. Pertamina dan bersama-sama mencari jalan keluarnya. Kita dari pihak Polri hanya melakukan pengamanan, karena sudah menjadi tugas pokok kami sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat,” Ujar Kapolres.

 

Kegiatan selanjutnya pihak Majelis Rakyat Papua melakukan pengecekan lokasi tanah di kantor PT. Pertamina yang didampingi langsung dengan pihak Pertamina, dan Setelah pelaksanaan pengecekan oleh pihak MRP, kemudian berkordinasi dengan pihak Pertamina, Kapolres Kep. Yapen, Dandim 1709 Yawa, Anggota DPRD, Pemerintah Daerah dan keluarga Tanawani agar melaksanakan pertemuan pada esok hari (Jumat, 14 Februari 2020) untuk membicarakan permasalahan ini lebih lanjut dan mencari jalan keluarnya bersama-sama agar permasalahan ini cepat terselesaikan.

 

Penulis : Arif

(HMS:EAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here