Tribratanews.polri.papua.go.id Polres Mappi – Pembinaan Mental Spiritual para penghuni Rumah Tahanan Polres Mappi merupakan salah satu program untuk orang yang terkena masalah hukum yang di akibatkan kurang mantapnya mental, spiritual dan kemandirian pada diri mereka sehingga dengan mudah melakukan tindak pidana. Rabu (11/12/2019)

Kapolres Mappi AKBP Cosmos Jeujanan mengatakan bahwa Mental yang jelek menjadikan tidak bisa bersinergi dengan sesamanya, tidak mau bekerja sama, sulit bersosialisasi, tidak mau belajar dan menganggap dirinya selalu benar. Kondisi tersebut akan mendorong diri seseorang melakukan tindakan menyeleweng dan akhirnya bermasalah dengan hukum.

“Hal ini yang dilakukan mengacu pada kesepakatn bersama antara pemerintah Daerah Kab. Mappi para tokoh Agama atau FKUB dalam hal kesepakatan bersama dalam meminimalisir tindak kejahatan di daerah ini,guna mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat dan kelancaran pembangunan di Mappi,” ungkap Kapolres Akbp Cosmos”

Hal serupa pun di ungkapkan oleh salah satu tokoh Agama Khatolik Pastor Pius L Yanan M.sc bahwa dengan adanya bimbingan dan penanaman nilai-nilai positif agama secara intensif, maka diharapkan para Tahanan atau warga bianaan dapat mengimplementasikan nilai-nilai Agama dalam kehidupan mereka sehari-hari, sehingga mereka tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama di masa-masa yang akan datang.

Dalam kesimpulannya Pastor mengatakan Tujuan pembinaan mental spiritual terhadap seseorang yang terlibat masalah hukum yaitu memberikan pendidikan ilmu agama agar dapat memahami ilmu agama. Terlebih pembinaan keagamaan yang diupayakan agar ilmu itu benar-benar diresapi dan mampu meningkatkan iman serta ketakwaan kepada tuhan YME.

“Bertaubatnya para pelaku tindak kejahatan menjadi hal yang murni dari jiwa mereka sendiri, Sehingga seusai menjalani masa tahanan dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan mempunyai kemantapan mental dan spiritualnya dalam kehidupan kesehariannya di masyarakat,” tutup Pastor Pius

Penulis : Humas Polres Mappi

Editor : Uriep

Publish : Win

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here