Tribratanews.polri.papua.go.id, Kepi – Maraknya pembuat dan penjual minuman keras (Miras) di wilayah Bade Edera, Kapolsek Edera Iptu Izak Rumboy menegaskan, pihaknya bersama masyarakat komitmen memberantas peredaran Miras di wilayahnya, Senin (14/10/2019).

Keseriusan Polres Mappi dalam memberantas produksi, peredaran, dan konsumsi minuman keras beralkohol produksi lokal dikarenakan secara khusus di Bade Edera, minuman keras beralkohol sebagai sumber masalah. Kapolsek menjelaskan, minuman keras beralkohol lokal ini tidak diketahui komposisinya apa, kandungan di dalamnya apa saja, termasuk kadar alkohol apalagi pengawasan dari BPOM.

“Di Mappi, peredaran minuman keras beralkohol bersumber dari produksi rumahan di beberapa wilayah yang sudah diidentifikasi dan yang didatangkan dari luar daerah dengan menggunakan jalur transportasi laut. Untuk produksi rumahan di wilayah Bade Edera ini, kami berhasil menyita perabot pembuat minuman keras beralkohol di kampung Mememu, namun pelaku sudah melarikan diri,” terang Kapolsek.

Tak hanya disitu saja Kapolsek pun memperketat pelabuhan Bade terhadap masuknya barang-barang terlarang, karena pelabuhan Bade ini menjadi salah satu sentral keluar masukknya barang untuk wilayah Mappi dan berdasarkan hasil sidak yang sudah dilakukan hingga bulan Oktober 2019, Polsek Edera berhasil mengamankan dan memusnahkan sebanyak 500 liter lebih minuman keras beralkohol yang dipasok dari berbagai daerah dengan menggunakan Kapal hingga Spead Boat, namun para pelaku tak kunjung jera untuk memasukkan miras ke Kab Mappi.

“Jika nanti masih dilakukan lagi pelaku akan dikenakan pasal 62 UU Perlindungan Konsumen juga pasal 135 UU Pangan dengan ancaman penjara 12 tahun. Ini pasal yang cukup serius sehingga kita akan proses sampai ke pengadilan. Kami berharap kedepannya masyarakat yang mengetahui informasi terkait kegiatan serupa dapat melaporkan kepada kepolisian,” tutur Iptu Izak.

Kapolsek pun menegaskan akan terus berusaha maksimal memberantas peredaran Miras di Edera hingga di wilayah sekitarnya. Sehingga tidak lagi mengkonsumsi miras yang berdampak negatif bagi pengkonsumsi dan masyarakat sekitarnya. Selain itu Kapolsek juga mengimbau agar masyarakat tidak ada lagi mengkonsumsi Miras serta bersama-sama berperan aktif ikut memberantas peredarannya.

(hum/re)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here