Puluhan Kendaraan Bermotor Terjaring Dalam Operasi Zebra Cartenz

#image_title
banner 728x250

Mimika – Untuk menjaga ketertiban berlalu lintas di jalan raya, Satuan Lalulintas Polres Mimika mengadakan razia kendaraan bermotor roda dua dan roda empat. Razia yang dilaksanakan oleh Sat Lantas Polres Mimika ini merupakan bagian dari kegiatan Operasi Zebra Cartenz 2024 yang diadakan oleh seluruh jajaran Polda Papua pada Rabu (23/10/2024).

Kegiatan razia yang berlangsung di Jalan Cenderawasih berhasil menjaring 19 pelanggar, terdiri dari 14 pelanggaran roda dua dan 5 pelanggaran roda empat, dengan pelanggaran paling umum yang ditemukan adalah pengendara yang tidak menggunakan helm.

Kapolres Mimika, AKBP I Komang Budiartha, SIK, melalui Kasihumas, Ipda Hempy Ona, SE, menjelaskan bahwa kegiatan razia ini ditujukan kepada pengendara yang melakukan pelanggaran secara kasat mata. Petugas yang melaksanakan razia menemukan langsung pelanggaran yang terjadi.

“Dalam kegiatan razia kali ini, kami menemukan 14 pengendara yang melakukan pelanggaran. Pelanggaran yang dilakukan antara lain tidak memakai helm, berboncengan lebih dari satu orang, pengendara di bawah umur, serta menggunakan handphone saat berkendara. Untuk para pelanggar tersebut, kami berikan sanksi teguran,” jelas Hempy.

Lebih lanjut, Kasihumas menerangkan bahwa dalam kegiatan ini pihaknya juga memberikan himbauan kepada pengendara, terutama para tukang ojek, untuk lebih berhati-hati saat berkendara dan menaati aturan lalu lintas demi keselamatan.

Kasihumas juga menghimbau kepada seluruh pengendara, baik roda dua maupun roda empat, untuk melengkapi kendaraannya dengan baik, mulai dari kaca spion, helm, hingga kelengkapan surat-surat kendaraan selama masa Operasi Zebra Cartenz 2024.

“Selama pelaksanaan razia ini, kami melakukan penilangan terhadap 5 pelanggar, dengan rincian: tidak menggunakan helm SNI, tidak menunjukkan SIM (3 unit), tidak menunjukkan STNK (2 unit), helm penumpang (5 unit), dan safety belt (4 unit),” ujar Hempy.

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
banner 728x250