banner 728x250

Fasilitasi Mama – mama, Kapolres Jayapura Bangun Galeri Kerajinan Noken

banner 728x250

Polres Jayapura – Penyerahan kunci galeri noken yang berlangsung di Kampung Hiansip Distrik Kemtuk Gresi Kab. Jayapura. Senin, (22/04/2024).

Noken merupakan salah satu hasil kerajinan Papua yang mendunia, tas unik tradisional yang terbuat dari serat kulit kayu, biasanya dari kayu pohon nenduam, pohon nawa, atau anggrek hutan.

“Ditetapkan sebagai hasil karya tradisional dan warisan kebudayaan dunia oleh UNESCO pada tanggal 04 Desember 2014. Dalam melestarikan hal tersebut dan guna membantu mama – mama, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK , MH memfasilitasinya dengan membangun galeri noken sekaligus secara simbolis menyerahkan kunci,” ungkapnya.

Dalam keterangannya Kapolres Jayapura mengatakan apresiasi kepada masyarakat khususnya mama-mama Papua yang terus menjaga dan memperhatikan keindahan warisan budaya tersebut hingga kini.

“Tas noken merupakan identitas kami sehingga harus dilestarikan,” katanya.

Lebih lanjut AKBP Fredrickus mengatakan maksud dan tujuan membangun sarana berupa galeri noken agar mama – mama dapat memakainya untuk penyimpanan ataupun tempat pemasaran nantinya.

“Noken harus bisa dikembangkan dan dimanfaatkan karena potensi dari tas noken menjadi sesuatu yang bernilai tambah dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat setempat,” Tutup Kapolres Jayapura.

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
banner 728x250