banner 728x250

Kapolda Papua Hadiri Pengukuhan Anggota Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonom Khusus Papua

banner 728x250

Jayapura – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., menghadiri acara pengukuhan anggota Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonom Khusus Papua (BP3OKP) yang berasal dari perwakilan setiap provinsi di Provinsi Papua. Acara tersebut dilaksanakan, Senin (29/05/2023) pukul 12.30 WIB di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 6, Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta. Acara ini dipimpin oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, BA., MA., Ph.D, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Dr. Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D, Plh. Gubernur Provinsi Papua, Dr. Muhammad Ridwan Rumasukun, S.E., M.M, Pj. Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn.) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si, Pj. Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., M.M.

Hadir juga, Pj. Gubenur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo, S.H., M.H, Pj. Gubernur Papua Selatan, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT., IPM, Pj. Gubernur Papua Barat Daya, Dr. Muhammad Musa’ad, M.Si, Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K, Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos, Kapolda Papua Barat, Irjen. Pol. Drs. Daniel Tahi Monang Silitonga, SH, Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigadir Jenderal TNI R. Sidharta Wisnu Graha, serta anggota BPP perwakilan provinsi Papua.

Pada pukul 12.50 WIB, Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin, secara resmi mengukuhkan enam anggota Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonom Khusus Papua (BP3OKP). Keenam anggota tersebut berasal dari perwakilan provinsi Papua, yaitu Alberth Yoku, S.Ag., dari perwakilan provinsi Papua Barat Irene Manibuy, S.H., M.Kn., dari perwakilan provinsi Papua Selatan Yoseph Yanowo Yolmen, S.Pd., M.Si., dari perwakilan provinsi Papua Tengah Drs. Pietrus Waine, S.H., M.H., dari perwakilan provinsi Papua Pegunungan Hantor Matuan, S.IP., dan dari perwakilan provinsi Papua Barat Daya Drs. Otto Ihalauw, M.A.

Dalam arahannya, Wakil Presiden menyampaikan bahwa BP3OKP memiliki tugas utama dalam melaksanakan singkronisasi, harmonisasi, evaluasi, dan koordinasi untuk melaksanakan otonomi khusus dan pembangunan di Papua. Dirinya juga mengucapkan selamat kepada keenam anggota BP3OKP yang telah diangkat melalui Keputusan Presiden Nomor 15/M Tahun 2023, dan berharap mampu membangun Papua dengan tanggung jawab dan komitmen untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Papua merupakan wilayah yang kaya potensi sumber daya alam dan budaya, namun tantangan seperti kesenjangan pembangunan, keterbatasan infrastruktur, dan isu sosial-politik-hukum tidak boleh diabaikan. Dalam rangka percepatan pembangunan di Papua, telah ditetapkan Rencana Induk Pembangunan Papua tahun 2022-2041 (RIPP) yang mencakup tiga misi besar, yaitu Papua Sehat, Papua Cerdas, dan Papua Produktif. Saya berharap anggota BP3OKP dapat mengawal dengan sungguh-sungguh program-program yang tercantum dalam RIPP sebagai rencana aksi lima tahunan,” ucapnya.

Ma’ruf juga mengajak semua pihak, termasuk anggota BP3OKP, untuk bekerja sama dengan penuh sinergi dalam menghormati keberagaman dan membangun Papua dengan prinsip keadilan, kesetaraan, dan keberlanjutan.

“Pesan saya kepada anggota BP3OKP untuk memperhatikan aspirasi dan kebutuhan masyarakat Papua secara mendalam, mendengarkan dengan baik agar kebijakan yang diambil sesuai dengan kondisi lapangan, serta menjaga integritas dan menghindari tindak pidana korupsi serta penyalahgunaan jabatan dan kewenangan untuk kepentingan pribadi atau golongan,” tambahnya.

Dalam penutupnya, Wakil Presiden mengajak semua anggota BP3OKP untuk menjaga solidaritas dan persatuan, serta turut mendukung terciptanya Papua yang aman dan damai. dirinya berharap para anggota BP3OKP dapat menjalankan tugas mulia mereka dengan bijaksana, visioner, dan penuh integritas. Kerja keras tanpa lelah dengan hati yang tulus diperlukan untuk membangun Papua yang lebih maju dan sejahtera.

“Dengan semangat kebersamaan dan persatuan, mari kita bersama-sama membangun Papua yang lebih baik. Selamat mengemban tugas mulia dan menjadi pemimpin yang berkualitas,” tutup Ma’ruf.

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
banner 728x250