banner 728x250

Kapolres Jayapura “Bangun Literasi Dalam Keluarga Guna Membentuk Karakter Anak”

banner 728x250
Polres Jayapura – Kegiatan sosialisasi terkait literasi keluarga Kapolres Jayapura bersama Guru Sekolah Minggu yang berlangsung di Gereja GKI Bethlehem Dormena Distrik Depapre Kab. Jayapura. Sabtu, 26/08 siang.
Dengan Thema “Kasih Kristus Menggerakkan Kemandirian Gereja Mewujudkan Keadilan, Perdamaian dan Kesejahteraan”, Melalui kegiatan ini diharapakan Guru Sekolah Minggu menjadi pilar dalam membentuk karakter seorang anak menjadi generasi muda yang cerdas.
Sebagai pemateri yang disampaikan langsung Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH, bersama Kasat Binmas Iptu I Made Ambo Arjana, SH., MH dan moderator Michael J Yarisetouw, yang dihadiri kurang lebih 100 jemaat atau Guru Sekolah Minggu se Distrik Depapre.
Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH dalam penyampaiannya mengharapkan Gereja melalui Guru Sekolah Minggu harus bisa memberikan ruang yang baik kepada anak – anak itu agar bisa melihat dan bisa mencontohkan untuk kehidupan hari ini dan kelak nanti.
“Anak – anak mulai dari sekarang harus bisa di tata diberikan informasi untuk bagaimana kedepannya atau sudah ada gambaran, paling tidak gereja atau guru sekolah minggu harus bisa melihat fenomena sosial yang terjadi di lingkungannya,  bagaimana menyiapkan anak sekolah minggu ini menjadi benteng untuk dia sendiri dan teman – temannya, agar tidak terpengaruh dengan hal – hal yang tidak baik,” terang Kapolres.
Lebih lanjut, ia menjelaskan orang tua juga harus bisa memantau anaknya secara langsung menjadi unit terkecil dalam membangun literasi keluarga.
“keluarga harus mempunyai peran, menjadi tempat mendidik, membentuk karakter anak,” pungkasnya.
Ditempat yang sama sebelumnya Kasat Binmas Iptu I Made Ambo Arjana, SH., MH menyampaikan materi usaha – usaha terkait menyelamatkan anak dari hal – hal negatif, bagaiman guru – guru sekolah minggu bisa mengajarkan anak – anak dengan dasar agama Kristen yakni cinta kasih.
“Banyak caranya mendidik yang tidak perlu pakai kekerasan, apalagi itu anak – anak akan menjadi trauma yang luar biasa dan yang paling penting adalah para guru sekolah minggu dapat menjadi model atau contoh bagi anak – anak, tampilan guru yang selalu menyenangkan hati akan menjadi motivasi bagi anak – anak untuk selalu mengikuti apa yang dicontohkan,”.
“Para guru sekolah minggu harus mengenali gaya belajar anak – anak, baik itu auditoris, visual maupun kinestetis guna dapat mengoptimalkan pencapaian tujuan belajar, Membangun budaya literasi dari keluarga perlu metode yang tepat terlebih sasarannya adalah anak – anak, mulai dari hal kecil seperti membacakan buku dongeng sebelum tidur atau diwaktu senggang akan sangat membantu dalam membentuk kebiasaan baru bagi anak,” Tutup Kasat Binmas.
Diakhir kegiatan secara simbolis Kapolres Jayapura menyerahkan bantuan berupa buku dongeng kepada perwakilan guru sekolah minggu dan satu set alat olahraga Voli kepada sekretaris Kampung.

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
banner 728x250