banner 728x250

Kapolres Puncak Jaya: Kami Akan Menyelidiki Tindakan Anggota Dilapangan Yang Menembak Mati OTK Diduga KKB

banner 728x250

Puncak Jaya – Pasca kejadian tindakan tegas terukur yang dilakukan oleh salah satu Anggota Polres Puncak Jaya yang terjadi beberapa hari yang lalu yang mengakibatkan salah satu OTK yang kemudian diketahui bernama Tendier Telenggen (26 Tahun) yang diduga sebagai KKB Meninggal Dunia, Kepala Kepolisian Resor Puncak Jaya AKBP Kuswara, S.H., S.I.K., M.H siap mengusut tuntas kasus tersebut.

Hal itu disampaikan AKBP Kuswara saat dikonfirmasi terkait kejadian tindakan tegas terukur tersebut, Jum’at (02/11/2023). Ia mengatakan bahwa sejak kejadian tersebut dirinya sudah memerintahkan kepada Kasie Propam untuk dilaksanakan pemeriksaan kepada Anggota Polres Puncak Jaya tersebut untuk selanjutnya dilakukan penyidikan ataupun pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolres Puncak Jaya juga menjelaskan bahwa kronologi sebenarnya yang terjadi dilapangan bahwa pada saat itu Anggota yang bertugas di Polsek Mulia menerima laporan melalui HP bahwa terdapat OTK ataupun terduga KKB sedang membawa senpi pendek berada di Kampung Wuyukwi, setelah itu Anggota melintas di Pos Kompas menggunakan Mobil Dinas Polsek Mulia dengan perkuatan 3 orang melihat OTK ataupun KKB tersebut sedang berjalan menjauhi mobil patroli Polsek sambil menunggu bantuan Anggota terus mengikuti dengan berjalan kaki ke Kampung Wuyuneri.

“Setelah Anggota kami mengikuti sampai di Kampung Wuyukwi tepatnya di bawah SMU Negeri 1 Mulia dilakukan upaya persuasif dengan memanggil yang bersangkutan namun tidak diindahkan dan kemudian melarikan diri ke arah kali setelah itu Anggota kami melakukan upaya peringatan dengan menembakkan tembakan peringatan udara sebanyak 4 kali namun yang bersangkutan tetap melarikan diri kearah perumahan dibelakang kali sambil memegang benda yang terlihat seperti senjata api pendek,” Jelasnya.

LAnjut, ketika akan menghilang menuju ke perumahan dibelakang kali terduga KKB menodongkan senpinya kearah anggota kami kemudian anggota kami mencari perlindungan di parit sambil menunggu bantuan dari rekan-rekan lainnya kemudian Anggota kami melaksanakan tindakan tegas terukur dengan melepaskan tembakan ke arah yang bersangkutan dengan tembakan tapi terduga KKB tersebut terus berlari ke arah kali.

“Tidak lama berselang datanglah perbantuan dari Polsek Mulia 5 personel ditambah 5 personel dari Polres Puncak Jaya untuk datang membantu mencari keberadaan terduga KKB tersebut dan setelah beberapa menit menyusuri lokasi sekitar ditemukan terduga KKB tersebut telah terjatuh di pinggir rumah warga dalam keadaan Meninggal Dunia dan setelah diperiksa ditemukan 1 buah benda yang diduga senjata api ataupun pistol namun terbuat dari plastik,” Terang Kapolres Puncak Jaya.

Kapolres Puncak Jaya menuturkan bahwa OTK yang juga diduga KKB tersebut diketahui ternyata kurang waras dari salah satu keluarganya dan saat ini untuk Anggota kami tersebut sedang dilakukan pemeriksaan oleh Pihak Sie Propam bersama para saksi-saksi serta kami berjanji akan segera mengusut tuntas kasus ini dan apabila diketahui ada kesalahan prosedur tindakan kepolisian dalam pelaksanaan tugas maka akan kami proses sesuai ketentuan.

“Kami telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda terkait dengan permasalahan ini, Diharapkan juga kepada seluruh masyarakat Kab. Puncak Jaya agar tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi dengan berita-berita yang belum tentu kebenarannya sehingga nantinya Situasi Kamtibmas di wilayah hukum Kab. Puncak Jaya dapat terus terjaga,” tutup AKBP Kuswara.

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
banner 728x250