banner 728x250

Kapolres Tolikara Hadiri Upacara Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023

banner 728x250

Karubaga — Bertempat di lapangan merah putih kota karubaga, Kapolres Tolikara Kompol Achmad Fauzan.,S.Ag hadiri upacara hari lingkungan hidup sedunia tahun 2023 yang dipimpin langsung PJ. Bupati Tolikara, Senin (05/06/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut PJ. Bupati Tolikara Marthen Kogoya SH.M.AP, Kapolres Tolikara Kompol Achmad Fauzan.,S.Ag, Pabung Tolikara Mayor Inf. Edy Ponco Wibowo, Danramil Kapten Inf. Restu Luberna, Kabag Ren AKP Alaudin, Kasat Binmas Ipda Agustinus Kubia.,S.E, Asisten III Setda Tolikara Adi Wibowo.,S.H, Staff Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Labansi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Teben Gurik.,S.E, Kepala BPBD Ferry Kogoya.,S.H, Kepala Dinas Kominfo Derwes Weya.,S.Sos, Kasat Pol PP Yonias Weya, SE, Kepala Distrik Karubaga Esap Bogum, Tokoh Agama Pdt Theodorus Morato, S.Th dan diikuti ± 300 orang gabungan ASN, Personil Polres Tolikara, TNI dan Sat Pol PP Kab. Tolikara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Teben Gurik, S.E dalam sambutannya menyampaikan peringatan hari lingkungan hidup sedunia pertama kali di Stockholm, Swedia dan selalu diperingati setiap tahunnya dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan hidup agar bumi tempat kita bermukim tetap terjaga kelestariannya.

“Pada hari ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Tolikara kita akan mengadakan kegiatan pembersihan lingkungan pemukiman sekitar dari kotoran dan sampah serta penanaman pohon dan pembagian bibit pohon kepada masyarakat,”ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Dirinya juga menambahkan, dengan tema kegiatan pada pagi hari ini adalah Solusi untuk sampah plastik, dimana sampah plastik makin tidak terkendali dan belum dapat ditangani dengan baik khususnya di Kota Karubaga ini sebagai pusat pemerintahan dan pusat perekonomian Di Kabupaten Tolikara.

“Yang menjadi persoalan saat ini adalah belum adanya Tempat Pembuangan Akhir Sampah untuk Kabupaten Tolikara, meskipun saat ini Dinas Lingkungan Hidup memiliki Tempat Pembuangan Sampah Terpadu dan TPS 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) namun belum maksimal untuk di fungsikan,”ujarnya.

Bupati Tolikara Marthen Kogoya SH.M.AP menyampaikan saya mengapresiasi kepada dinas lingkungan hidup Kabupaten Tolikara yang telah mempersiapkan benih pohon untuk kegiatan penanaman pohon ini.

“Kegiatan ini merupakan wujud bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Tolikara terhadap masalah masalah lingkungan dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,”kata PJ. Bupati.

Untuk Itu PJ. Bupati Kabupaten Tolikara mengajak masyarakat Kabupaten Tolikara dapat berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan hidup, dari tempat kita tinggal saat ini yang merupakan bagian kecil dari Bumi kita. Dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan penanaman pohon dirumah masing masing.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis oleh kepala dinas lingkungan hidup kepada PJ. Bupati Tolikara selanjutnya dilakukan penanaman bibit yang dimulai dari PJ. Bupati Tolikara, Kapolres Tolikara, Pabung Tolikara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Masyarakat.

banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
banner 728x250